Share

3 Kapal Laut Tercepat di Dunia, Salah Satunya hingga 125 Km/Jam

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 09 September 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 56 2664178 3-kapal-laut-tercepat-di-dunia-salah-satunya-hingga-125-km-jam-KR9KhyMbHw.jpg 3 kapal laut tercepat di dunia, salah satunya hingga 125 km/jam (Foto: Brand Tasmania)

JAKARTA - Kapal menjadi moda transportasi yang kurang diminati, meskipun di negara kepulauan seperti Indonesia. Ini bukan tanpa alasan, pasalnya kapal tidak menawarkan waktu tempuh yang cepat layaknya moda transportasi lainnya.

Sejauh ini kapal hanya unggul karena bisa menyeberangi lautan. Untuk kecepatan, kebanyakan kapal memiliki kecepatan yang rendah. Tapi rupanya ada beberapa kapal yang mampu mengarungi lautan dengan kecepatan tinggi.

Apa saja itu? Betikut daftar kapal laut tercepat, seperti dilansir dari tayangan YouTube iNews Variety Show, Jumat (9/9/2022).

1. Tank X-18

Kapal laut tercepat di dunia pertama adalah Tank X-18. Produsen kapal tempur Swedia, PT Lundin Industry Invest membuat kapal ini di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan menjadikannya kapal tank pertama di dunia.

Tank X-18memiliki panjang 18 m dengan kecepatan maksimal 40 knot. Kapal ini diketahui dapat memuat enam kru kapal dengan dua puluh tentara yang dapat melaju dengan kekuatan setara 1.200 tenaga kuda.

Tank X-18 mempunyai 2 lambung kapal yang bisa membuat kondisi kapal lebih stabil. Kondisi itu juga memudahkan tugas navigasi dan membidik sasaran tembak serta bisa memuat pesawat tanpa awak dan kapal kecil.

2. Incat

Kapal laut tercepat di dunia selanjutnya adalah kapal Incat. Kapal Incat yang berasal dari Australia ini merupakan kapal penumpang yang mampu mengangkut 1000 orang dan 150 mobil dengan kecepatan tinggi hingga 58,1 knot.

Kecepatan tinggi mampu diraih Incat berkat dua mesin jet yang telah dimodifikasi. Tidak hanya unggul dalam masalah kecepatan, kapal ini juga menggunakan liquified natural gas yang ramah lingkungan sebagai bahan bakar utamanya.

3. Foners

Kapal laut tercepat di dunia terakhir adalah Foners yang pada tahun 2000 dinominasikan sebagai salah satu kapal tercepat di dunia. Kapal ini awalnya dibangun untuk Raja Spanyol, Juan Carlos yang terkenal dengan kecintaannya pada kecepatan.

Foners memiliki kecepatan hingga 68 knot atau lebih dari 125 km/jam. Kapal mewah ini ditenagai oleh tiga turbin rolls-royce serta dua mesin diesel. Dari sisi interiornya Foners menyajikan kemewahan dengan gaya klasik minimalis modern.

Di dalamnya terdapat tempat tidur ganda, sementara untuk tamu lain tersedia tempat terpisah yang mana seluruh kamar lnya dilengkapi dengan kamar mandi sendiri.

Demikian pembahasan mengenai tiga kapal laut tercepat di dunia, semoga bermanfaat.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini