Share

Ada Lubang Misterius di Dasar Laut yang Bikin Ilmuwan Bingung

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Sabtu 10 September 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 56 2664573 ada-lubang-misterius-di-dasar-laut-yang-bikin-ilmuwan-bingung-0m28PrhSDU.jpg Ada lubang misterius di dasar laut yang bikin ilmuwan bingung (Foto: NOAA)

JAKARTA - Masih banyak misteri di laut dalam yang belum terungkap lantaran luasnya area. Salah satunya, lubang di Samudra Atlantik yang membuat para ilmuwan kebingungan.

Diolah dari Daily Mail, Sabtu (10/9/2022), serangkaian lubang misterius ditemukan berjajar sempurna membentuk garis lurus melintasi dasar laut 2,7 kilometer di bawah permukaan Samudra Atlantik.

Namun, hal ini masih menjadi misteri karena tidak diketahui untuk apa lubang itu dibuat dan siapa pembuatnya.

Pada bulan Juli 2022 silam, lubang misterius ini ditemukan oleh ilmuwan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) yang sedang melakukan penelitian Mid-Atlantic Ridge dengan kapal bernama Okeanos Explorer.

โ€œLubang-lubang ini sebelumnya telah dilaporkan dari wilayah tersebut, tetapi asal-usulnya tetap masih menjadi misteri. Meskipun terlihat hampir seperti buatan manusia, tumpukan kecil sedimen di sekitar lubang membuatnya tampak seperti digali oleh sesuatu,โ€ tulis para peneliti NOAA di Facebook.

Mereka berbagi beberapa foto di media sosial untuk meminta publik membantu menjelaskan tentang lubang misterius tersebut. Kemudian berbagai hipotesis pun muncul mengenai asal muasal lubang yang ditemukan di dasar Samudra Atlantik itu.

Ada yang mengatakan bahwa itu merupakan buatan lubang dari pipa gas bawah laut yang tergeletak, adanya gelembung gas metana yang membuat retakan permukaan di dasar laut, penggalian yang dilakukan manusia untuk mencari harta karun, bahkan ulah alien yang ada di bawah laut.

Adapun penelitian dari para ilmuwan mengatakan, organisme yang hidup di dasar laut menyaring sedimen sehingga membuat lobang, misalnya cacing, krustasea, dan teripang. Tujuan sejumlah organisme yang berbeda menyaring sedimen untuk mencari makanan atau perlindungan pada diri mereka.

Misteri lubang-lubang ini, belum terpecahkan mengingat wilayah Mid-Atlantic Ridge yang begitu luas sehingga masih perlu penelitian mendalam.

Mungkin memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengungkap bagaimana lubang-lubang tersebut bisa ada di dasar laut Samudra Atlantik.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini