Share

Bagaimana Cara Kerja Fitur Satelit iPhone 14? Simak Penjelasannya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 09 September 2022 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 57 2664137 bagaimana-cara-kerja-fitur-satelit-iphone-14-simak-penjelasannya-0Vy2bLBi0I.JPG Bagaimana cara kerja fitur satelit iPhone 14? Simak penjelasannya (Foto: Apple)

JAKARTA - Apple mengumumkan, ada fitur konektivitas satelit pada iPhone 14 Series. Fitur ini, hadir untuk memungkinkan pengguna mengirim pesan darurat meski di daerah tanpa jaringan internet.

Apple mengatakan, pesan darurat melalui fitur satelit dirancang untuk mendukung kegiatan orang-orang yang gemar mengeksplorasi alam atau mendaki gunung yang memang sulit menjangkau internet.

Lantas bagaimana cara kerjanya? Berikut penjelasan lengkapnya, seperti dilansir dari The Independent, Jumat (9/9/2022).

Cara kerja fitur satelit di iPhone 14 sebenarnya mirip dengan cara kerja telepon satelit yang ada di pasaran. Tetapi, kali ini Apple merancangnya menjadi lebih minimalis agar bisa disematkan ke dalam iPhone yang ramping.

Diketahui, telepon satelit biasanya memang memiliki ukuran antena yang besar untuk memudahkan menangkap sinyal. Tetapi desain seperti ini tentu akan sangat mengganggu jika diadopsi di iPhone.

Meskipun kemampuannya menjadi terbatas, fitur konektivitas satelit iPhone14 masih memungkinkan untuk terhubung ke satelit terdekat. Pengguna yang ingin menggunakan fitur ini harus mengarahkan iPhonrnya ke langit.

Namun, tidak sembarangan mengarahkan ke langit, pengguna akan diarahkan ke arah temlat satelit dengan menggunakan aplikasi tambahan agar sinyal darurat bisa dikirim dengan lancar.

β€œUntuk terhubung ke satelit-satelit ini, Anda harus berada di luar ruangan dengan pemandangan langit yang jelas. Namun satelit terlalu tinggi untuk dilihat oleh mata manusia, jadi kami menciptakan pengalaman pengguna yang unik yang menunjukkan kepada Anda ke mana harus mengarahkan ponsel Anda untuk membuat koneksi dan tetap terhubung saat satelit bergerak," kata Apple.

Masalah lain dengan satelit komunikasi adalah bahwa bandwidth sangat rendah bahkan mengirim pesan teks merupakan tantangan teknis.

Untuk melewati rintangan ini, Apple merancang antarmuka yang mengirimkan informasi sebanyak mungkin ke layanan darurat melalui serangkaian pertanyaan cepat yang disajikan di layar kepada pengguna.

Pertanyaan mencakup "Siapa yang butuh bantuan? Apakah ada yang terluka? Apa jenis darurat itu?"

Meski demikian, Apple mengklaim sebenarnya fitur satelit bukan untuk skenario yang benar-benar darurat, melainkan untuk keeadaan yang lebih santai dan tidak terlalu mengerikan, seperti berbagi lokasi Anda dengan seseorang melalui satelit.

Apple mengatakan fitur akan tersedia pada bulan November untuk wilayah AS serta Kanada di tahap awal. Fitur ini, bisa digunakan secara gratis dan tidak menutup kemungkinan juga akan hadir di model iPhone lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini