Share

Soal Bjorka Ungkap Identitas Pembunuh Munir, Pengamat: Mungkin Hanya Iseng

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Minggu 11 September 2022 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 11 54 2665161 soal-bjorka-ungkap-identitas-pembunuh-munir-pengamat-mungkin-hanya-iseng-xyHH3X4IpT.jpg Ilustrasi hacker (foto: istimewa)

JAGAT maya tengah dihebohkan dengan aksi hacker Bjorka yang mengungkap identitas, Muchdi Purwopranjono sebagai dalang pembunuhan aktivis Munir. Fenomena itu sontak menghebohkan linimasa dan jadi trending topic di Twitter.

Sementara itu, Pengamat Politik, Lucius Karus menanggapi bocornya data Muchdi di sosial media. Ia mengatakan kemungkinan aksi tersebut hanya keisengan seorang hacker.

  hacker

“Aktivitas hacker ya seperti itu. Selalu akan dianggap jago kalau bisa membongkar sesuatu. Jadi mungkin saja ini hanya kerjaan iseng hacker yang kebetulan fokusnya adalah informasi negara,” kata Lucius, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Minggu 11 September 2022.

Lebih lanjut, fenomena yang geger di sosial media ini juga menarik respon netizen. Tak sedikit warganet menduga hal ini sebagai pengalihan isu belaka.

Menanggapi hal itu, Lucius mengatakan hal tersebut sulit dipastikan.

“Kalau dibilang semacam pengalihan isu sih rasanya sulit dipastikan ya. Isu memang beralih setiap saat,” jelasnya.

Sekedar informasi, Muchdi Purwopranjono sendiri merupakan seorang anggota militer dan Deputi V BIN yang memiliki karier cemerlang. Sayangnya, Muchdi dianggap terlibat dalam pembunuhan Munir dan ditetapkan sebagai tersangka.

Namun, melalui putusan Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Muchdi Purwo dibebaskan pada 31 Desember 2008.

(vvn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini