Share

Misteri Blue Goo, Hewan Laut Aneh yang Menarik Perhatian Ilmuwan

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Senin 12 September 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 56 2665738 misteri-blue-goo-hewan-laut-aneh-yang-menarik-perhatian-ilmuwan-tXJLJz5Fbm.JPG Misteri blue goo, hewan laut aneh yang menarik perhatian ilmuwan (Foto: NOAA)

JAKARTA - Sejumlah ilmuwan menemukan sesuatu yang aneh dari lubang yang ada di dasar lautan, bentuknya tampak asing sehingga disebut sebagai makhluk “goo” sedikit mirip dengan monster fiksi ilmiah tahun 1950, The Blob.

Dilansir dari CNET, Senin (12/9/2022), tim ilmuwan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), melihat spesies laut yang tidak dikenal selama masa ekspedisi baru-baru ini di Atlantik.

Dalam unggahan NOAA di Twitter, menunjukkan mahluk laut itu tanpa wajah dan juga kaki. Temuan makhluk aneh tersebut, membuat para peneliti kebingungan.

Mereka tidak tahu harus menyebutnya ke dalam jenis spesies laut apa, bahkan kategori kehidupan yang cocok dengannya masih dipikirkan.

Seorang ilmuwan melakukan pengamatan terhadap makhluk laut ini, di mana warnanya terlihat biru pucat, dan tampak memiliki bagian kental berlendir di permukaannya.

Selain itu, terdapat tanda-tanda lingkaran di bagian luarnya, menunjukkan bahwa makhluk tersebut mungkin memiliki kemampuan untuk menarik kembali sesuatu.

Berbagai pendapat timbul selama ekspedisi tentang temuan makhluk tersebut, hingga pada akhirnya, tim peneliti menetapkan mahluk itu sebagai karang lunak, tunicate (hewan laut invertebrata), atau sejenis spons.

Para ahli karang dan spons akan melakukan penelitian dan mengkonsultasikan selama beberapa minggu mendatang, sehingga nantinya dapat melaporkan jawaban pasti mengenai jenis makhluk apa itu.

Saat ini, Okeanos Explorer sedang melakukan ekspedisi di Atlantik. Sebagian besar wilayah perairan dalam yang belum dijelajahi dan kurang dipahami sedang diselidiki untuk memetakan dasar laut dan mempelajari geologi serta hewan-hewan liar di laut.

Temuan ini, merupakan salah satu hal menarik yang didapat oleh tim peneliti dan menjadi sorotan bahwa masih banyak yang harus kita pelajari tentang kehidupan di dasar lautan.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini