Share

3 Ciri Ponsel Black Market yang Wajib Dipahami

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 13 September 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 57 2666002 3-ciri-ponsel-black-market-yang-wajib-dipahami-X5mfpFfkxK.jpg 3 ciri ponsel black market yang wajib dipahami (Foto: Telegraph)

JAKARTA - Peredaran ponsel black market (BM) masih saja terjadi, meskipun jumlahnya lebih sedikit dibanding sebelumnya. Barang ilegal ini, juga bisa dijumpai di pasaran.

Tidak sedikit oknum pedagang yang menawarkan ponsel BM, terutama di jejaring sosial. Hal ini, membuka peluang untuk konsumen mengalami kerugian.

Diketahui, pemerintah Indonesia sudah memberlakukan aturan yang membuat ponsel BM, di mana IMEI-nya tidak terdaftar, tidak akan mendapat jaringan.

Jadi, mereka yang menggunakan ponsel ilegal tidak bakal mendapatkan sinyal dari operator, sehingga kehadiran perangkat akan sia-sia karena tidak bisa digunakan secara maksimal.

Tentunya, ini sangat merugikan konsumen yang secara tidak sengaja membeli ponsel BM. Mereka sudah mengeluarkan uang, tetapi barang yang dibelinya dilumpuhkan.

Dirangkum dari keterangan resmi Kominfo, guna menghindari hal ini, ada baiknya sebelum membeli ponsel pahami dahulu ciri-ciri ponsel BM agar tidak tertipu pedagang nakal.

Berikut tiga ciri-ciri ponsel BM:

- IMEI tidak terdaftar di imei.komenperin.go.id

- Tidak memiliki sertifikasi dari SDPPI

- Harganya kelewat murah

Selain dengan mengenali ciri-ciri ponsel BM di atas, bisa juga dengan melakukan pengecekan IMEI langsung di ponsel. Langkahnya sebagai berikut:

- Cek di pengaturan ponsel, biasanya ada di Tentang Ponsel

- Cek melalui dial up ponsel dengan mengetik *#06#, nantinya akan muncul popup yang menunjukan informasi IMEI

- Lihat di box ponsel atau di stiker yang menempel di punggung ponsel

Itulah ciri-ciri dan cara mengetahui apakah ponsel yang dibeli adalah legal atau BM. Jadi, jangan asal beli, pastikan ponsel yang dibeli bukan ponsel BM agar tidak rugi.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini