Share

Daftar 6 Pejabat Indonesia yang Diserang Hacker Bjorka

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 13 September 2022 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 54 2666433 daftar-6-pejabat-indonesia-yang-diserang-hacker-bjorka-hQTravTZFT.jpg Daftar 6 pejabat Indonesia yang diserang hacker Bjorka (Foto: BreachForums)

JAKARTA - Hacker dengan nama akun Bjorka menjadi sorotan belakangan ini. Bukan tanpa alasan, pasalnya pasalnya hacker yang banyak membocorkan data milik perusahaan plat merah itu semakin liar dalam melancarkan aksinya.

Bjorka kini tidak lagi membobol sistem milik perusahaan yang menyimpan banyak data masyarakat Indonesia. Hacker yang identitasnya belum juga terungkap itu mulai menyerang Pemerintah Indonesia termasuk para pejabatnya.

Berikut ini adalah daftar pejabat Indonesia yang diserang hacker Bjorka, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/9/2022).

1. Menteri Kominfo, Johnny G. Plate

Genderang perang antara Bjorka dan Kominfo sudah ditabuh beberapa waktu lalu sejak Kominfo dengan tegas meminta Bjorka untuk menghentikan aksinya. Saat itu Bjorka pun memberikan komentar pedas dengan menyebut Kominfo Idiot.

Puncak peperangan Bjorka dengan Kominfo adalah saat data pribadi milik Menteri Kominfo, Johnny G. Plate diungkap. Adapun data mencakup nama, NIK, alamat lengkap, tempat tanggal lahir, agama, nama orangtua, hingga nomor telepon.

2. Menteri BUMN, Erick Thohir

Bjorka juga sempat menyatakan dukungannya kepada masyarakat Indonesia yang saat ini tengah mengalami krisis harga BBM. Ia pun berjani akan mengungkap data-data sensitif milik perusahaan minyak Indonesia, Pertamina.

Namun sebelum itu, ia lebih dahulu mengungkap data milik Menteri BUMN, Erick Thohir. Sama halnya dengan Menteri Kominfo Johnny G. Plate, data yang dibocorkan adalah data pribadi yang mencakup nama, NIK, pendidikan, agama, hingga nomor vaksin.

3. Puan Maharani

Ketua DPR RI, Puan Maharani juga tak lepas dari incaran hacker Bjorka. Selain mengungkap data pribadinya termasuk nomor telepon, Bjorka juga menyentil puan karena merayakan ulang tahun di tengah-tengah masyarakat yang demo memprotes kenaikan BBM.

"Apa kabar Bu @puanmaharani_ri? Bagaimana rasanya merayakan ulang tahun ketika banyak orang memprotes harga BBM tepat di depan kantor Anda?" Kata Bjorka dalam akun Twitter-nya pada Minggu, 11 September 2022 lalu.

4. Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan

Tak gentar, Bjorka juga turut menyerang Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Penyerangan dilakukan dalam bentuk pengungkapan data pribadi milik pria yang kerap disapa sebagai Menteri Segala Urusan itu.

Akibatnya, netizen pun beramai-ramai membombardir nomor milik Luhut. Tidak sedikit juga yang menyoroti status vaksinasi luhut yang baru berstatua vaksinasi dosis dua, padahal ia gencar mengkampanyekan vaksin dosis penuh.

5. Presiden Indonesia, Jokowi

Hacker Bjorka juga mengklaim telah berhasil membobol data milik Presiden Indonesia, Jokowi. Adapun data yang dimaksud berupa dokumen surat menyurat yang bersifat rahasia, termasuk surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Bjorka menyebut bahwa setidaknya ada total 679.180 dokumen berukuran 40 Mega Byte (MB) dalam bentuk data terkompres yang sukses ia gasak. Keseluruhan ia unggah di situs hacker BreachForums.

6. Mendagri Tito Karnavian

Bjorka turut melancarkan serangan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Lalu, Dia juga menyinggung kasus Ferdy Sambo.

Serangan Bjorka ini, sepertinya untuk membantah jika apa yang dia lakukan merupakan bagian dari pengalihan kasus Ferdy Sambo. Ia menegaskan itu dalam Tweet-nya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini