Share

Alasan Kenapa Anda Harus Berhenti Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai di Android

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Selasa 13 September 2022 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 57 2666575 alasan-kenapa-anda-harus-berhenti-gunakan-aplikasi-penghemat-baterai-di-android-FB8Z62LBmy.JPG Alasan kenapa Anda harus berhenti gunakan aplikasi penghemat baterai di Android (Foto: Freepik)

JAKARTA - Pengguna smartphone bisanya sering menemukan permasalah pada penggunaan baterai yang buruk, sehingga banyak dari penggunanya memakai aplikasi penghemat baterai.

Diolah dari SlashGear, Selasa (13/9/2022), apabila Anda sering mengoperasikan perangkat tanpa henti, itu bisa menjadi salah satu penyebab habisnya daya perangkat.

Lalu, aplikasi penghemat baterai ternyata juga berpotensi membuat konsumsi daya baterai menjadi lebih boros. Mengapa demikian?

Pada dasarnya, aplikasi penghemat baterai itu akan bekerja secara agresif untuk menutup paksa semua aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Sehingga, dalam skenario multitasking, hal ini justru akan membuat smartphone lebih bekerja keras, akibatnya Anda perlu mengisi ulang daya lebih sering daripada yang diinginkan.

Diketahui, mengisi ulang daya smartphone Android Anda secara terus-menerus dapat menimbulkan masalah jangka panjang dengan baterai.

Jika ditanya soal perlu atau tidaknya menggunakan aplikasi penghemat baterai, laporan SlashGear menegaskan tidak. Karena penggunaan aplikasi penghemat baterai itu sebenarnya membuat smartphone Anda tidak sehat.

Menurut laporan tersebut, aplikasi penghemat baterai itu bertindak seperti layaknya preman. Secara agresif, aplikasi memaksa aplikasi lain yang berjalan di latar belakang untuk tetap “tidur”.

Tujuannya, agar mereka tidak bisa melakukan aktivitas apapun di latar belakang, selama Anda tidak menyalakan aplikasi tersebut. Sedangkan, aplikasi penghemat baterai sendiri akan melengang bebas untuk terus aktif berjalan di latar belakang.

Alih-alaih bikin smartphone Anda menjadi lebih hemat baterai, penggunaannya justru lebih menguras daya baterai menjadi lebih boros.

Guna mengatasi hal tersebut, Anda tidak perlu untuk menggunakan aplikasi tambahan penghemat baterai. Karena pada smartphone Anda pun sudah bisa menggunakan mode penghemat baterai.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini