Share

11 Tips Amankan Data Supaya Tak Bocor Diretas Hacker

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 14 September 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 54 2667224 11-tips-amankan-data-supaya-tak-bocor-diretas-hacker-h1DqpGR8P0.jpg 11 tips amankan data supaya tak bocor diretas hacker (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kasus kebocoran data marak sekali terjadi di Indonesia belakangan ini. Mirisnya lagi, sejumlah pejabat Tanah Air bahkan mengalaminya.

Atas dasar itu, penting mengambil langkah untuk melindungi data dari jenis serangan siber yang mengarah pada pelanggaran data yang fatal. Ini dilakukan guna mengurangi risiko kerugian yang besar.

Perusahaan keamanan siber asal Rusia, Kaspersky, mengatakan bahwa hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menerapkan pengelola kata sandi yang baik untuk diri sendiri dan seluruh tim di perusahaan.

Sikap proaktif terhadap keamanan siber juga diperlukan terutama bagi perusahaan besar yang menangani jutaan bahkan miliaran data.

Pastikan juga memberdayakan tim keamanan dengan kecerdasan ancaman terbaru serta kemampuan deteksi dan respons yang andal jika terjadi serangan.

Kaspersky menyarankan tips dasar namun sangat penting untuk mengamankan data dan keuangan online.

Berikut langkah-langkahnya, seperti dikutip dari pernyataan tertulis perusahaan, Rabu (14/9/2022).

1. Luangkan waktu untuk mengonfigurasi perangkat seluler dengan benar. Periksa pengaturan permisif untuk WhatsApp dan aplikasi seluler lainnya. Anda tidak ingin ponsel Anda secara otomatis mempublikasikan setiap aspek kehidupan sehari-hari secara online, dan ini akan membantu membatasi jumlah informasi yang tersedia bagi peretas yang telah menyusup ke akun WhatsApp Anda.

2. Jangan pernah membagikan kode verifikasi apa pun dengan siapa pun, melalui SMS atau telepon. Kode-kode ini adalah cara utama layanan untuk memverifikasi bahwa Anda adalah diri Anda sendiri.

3. Aktifkan otentikasi dua faktor jika memungkinkan. Bahkan jika Anda kehilangan akses ke akun email Anda, setidaknya itu akan melindungi akun yang lain dari pencurian.

4. Pastikan Anda memiliki kunci layar dan menginstal perangkat lunak yang dapat menghapus ponsel Anda jika hilang.

5. Gunakan nomor telepon terpisah untuk masuk ke Whatsapp, Telegram, atau layanan messenger apa pun yang memerlukan nomor telepon. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan nomor satu kali atau orang lain dapat mengakses akun Anda.

6. Jangan terjerumus pada phishing, meskipun itu adalah phishing yang ditargetkan. Jika Anda menerima tautan dari sumber yang tidak dikenal, jangan mengkliknya secara otomatis. Selalu berpikir sebelum Anda mengklik atau lebih baik, jangan mengklik sama sekali.

7. Selalu perbarui perangkat Anda tepat waktu dan beri perhatian khusus pada pembaruan keamanan.

8. Hanya instal aplikasi dari sumber tepercaya.

9. Jangan gunakan Wi-Fi yang tidak aman, atau jika Anda melakukannya, gunakan Jaringan Pribadi Virtual untuk melindungi diri Anda sendiri.

10. Mencatat dan susunlah layanan terpenting yang terkait dengan akun Anda yang diretas. Ingat semua layanan yang Anda masuki dengan akun ini dan semua layanan yang mengirim email pengaturan ulang kata sandi ke akun tersebut.

11. Instal solusi perlindungan yang andal di semua perangkat Anda. Sangat penting untuk memilih paket yang tidak hanya akan memblokir malware, tetapi juga memperingatkan Anda jika kredensial semua layanan yang Anda gunakan telah bocor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini