Share

5 Hacker Terkenal Indonesia, Ada yang Sukses Bobol Situs NASA

Fadli Ramdan, Jurnalis · Rabu 14 September 2022 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 54 2667518 5-hacker-terkenal-indonesia-ada-yang-sukses-bobol-situs-nasa-2WB3irsAh2.jpg 5 hacker terkenal Indonesia, ada yang sukses bobol situs NASA (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kebocoran data yang dilakukan oleh Bjorka menjadi perbincangan hangat dalam beberapa hari terakhir. Bahkan, pemerintah telah membentuk satuan tugas (satgas) perlindungan data untuk mengatasi masalah tersebut.

Keberadaan hacker memang meresahkan dunia, khususnya lembaga pemerintahan yang memiliki data rahasia negara. Jika berhasil dibobol, kekhawatiran tentang keruntuhan sebuah negara akan semakin besar.

Berbicara tentang hacker, Indonesia jug mempunyai deretan peretas hebat yang dikenal dunia. Bahkan, hacker asal Indonesia ini menjadi salah satu yang ditakuti oleh para peretas di dunia.

Menarik untuk melihat siapa saja hacker terkenal asal Indonesia, dan apa yang membuatnya begitu ditakuti. Berikut ulasannya seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Putra Aji Adhari

Nama Putra Aji Adhari sempat menggegerkan dunia pada 2019 lalu. Pasalnya, anak laki-laki yang saat itu masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu berhasil meretas sistem NASA.

Putra Aji merupakan golongan white hacker yang berusaha menemukan titik lemah dari situs suatu lembaga. Setelah ditemukan, maka ia memberi informasi kepada instansi tersebut untuk meningkatkan keamanannya.

2. Jim Giovedi

Bisa dikatakan Jim Giovedi menjadi hacker paling berbahaya di dunia, karena kemampuannya mengubah arah satelit. Padahal, arah satelit sudah diperhitungkan dengan matang agar seluruh sistem di suatu negara bisa berjalan dengan lancar.

Memutuskan untuk memanfaatkan kemampuannya di jalan yang benar, pada 2004, Jim Giovedi membangun perusahaan konsultan keamanan digital. Pria kelahiran Lampung itu juga sering diundang ke berbagai negara untuk mengisi seminar tentang sistem keamanan digital.

3. ADC

Menggunakan inisial ADC, hacker ini berhasil meretas ribuan situs pemerintah dan juga swasta daan lingkup nasional hingga internasional.

Namun, ia menggunakan hal tersebut demi mendapatkan banyak uang yang digunakan keperluan pribadi. Atas aksinya tersebut, Kepolisian Republik Indonesia akhir menangkap pria yang menggunakan inisial ADC.

4. Xnuver

Seseorang yang menggunakan akun Xnuver merupakan seorang pria asal Kebumen, Jawa Tengah, dengan nama asli Dani Firmansyah. Ia sempat membuat heboh setelah berhasil membobol situs KPU.

Bukan hanya itu, Dani Firmansyah juga meretas dan mengubah berbagai nama partai politik dengan nama buah-buahan pada laman KPU.

5. M. Nosa Sandi Prasetyo

Pemuda kelahiran Pasuruan, Jawa Timur ini berhasil menemukan kelemahan pada Google dan mendapatkan hadiah besar dari Google setelah melaporkan kelemahan tersebut. Menggunakan nama alias Apapedulimu itu mendapatkan 7.500 dolas AS (Rp111,7 juta).

Sandi Prasetyo menemukan kerentanan pada sistem inti Google, karena ini merupakan layanan yang menyimpan data user. Oleh karena itu, Google memberikan hadiah lebih besar kepada Sandi Prasetyo.

Lewat kemampuannya menemukan kerentanan, Sandi Prasetyo memutuskan untuk menjadi Bug Hunter atau Bug Mounty.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini