Share

Hidup Tak Lebih Bahagia Jika Kecoak Musnah, Ada Dampak Besar yang Timbul

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Rabu 14 September 2022 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 56 2667025 hidup-tak-lebih-bahagia-jika-kecoak-musnah-ada-dampak-besar-yang-timbul-Jw0m4nEv6m.jpg Hidup tak lebih bahagia jika kecoak musnah, ada dampak besar yang timbul (Foto: Mashable)

JAKARTA - Kecoak menjadi salah satu hewan yang paling tidak disukai keberadaannya oleh sejumlah manusia. Bahkan, ada yang menginginkan dunia tanpa serangga itu.

Nyatanya, sebagian besar kecoak tidak merugikan siapa pun secara langsung. Tetapi, beberapa manusia menginginkan agar kecoak tidak muncul lagi di muka Bumi ini.

Namun, benarkah jika kecoak punah manusia bisa hidup lebih tenang? Dilansir dari kanal Youtube Kok Bisa?, Rabu (14/9/2022), simak penjelasannya di bawah ini.

Kecoak merupakan hewan yang mempunyai hobi beraktivitas di tempat sampah atau selokan. Bahkan, kecoak tidak pernah mencuci tangan sehingga menjadi sumber penyakit bagi manusia.

Mungkin Anda pernah berpikir supaya semua kecoak di dunia musnah agar bisa mengakhiri rasa takut yang dirasakan akibat dari kehadirannya.

Selain bisa membuat jantung jadi bisa lebih tenang, dengan tidak adanya kecoak mungkin manusia tidak akan pernah terkena penyakit seperti, tifus, diare, korela, alergi, dan asma.

Faktanya, ada ribuan jenis kecoak di seluruh dunia. Tetapi, yang paling sering ganggu di rumah itu ternyata cuma empat, yaitu kecoak Amerika, kecoak Australia, kecoak Jerman dan kecoak Oriental.

Ada beberapa kecoak yang justru cantik seperti kepik, ia bisa nyala dalam gelap.

Ternyata jika semua kecoak hilang, maka tumbuh-tumbuhan di penjuru dunia yang akan merasa sedih duluan. Karena kotoran kecoak bergizi untuk menyuburkan tanah mereka. Secara tidak langsung, para penduduk hutan hidupnya bergantung dengan kotoran kecoak.

Apabila hutan menjadi salah satu bagian yang terdampak dari hilangnya kecoak, maka seluruh dunia juga akan merasakan dampaknya.

Ibarat obat yang pahit dan tidak enak, kecoak menjadi salah satu manfaat untuk keberlangsungan ekosistem di muka Bumi ini. Pasalnya, kecoak juga menjadi makhluk paling tangguh di dunia.

Contohnya, karena napas kecoak itu lewat sekujur tubuh, dengan begitu kecoak bisa hidup tanpa kepala sampai beberapa minggu. Selain itu, mereka juga tahan radiasi nuklir sampai lima belas kali lebih kuat daripada manusia.

Kenapa bisa begitu? Ini karena perkembangan sel-sel mereka yang lebih lambat dibandingkan manusia. Puluhan juta tahun lalu waktu asteroid jatuh ke Bumi, dinosaurus punah, hampir semua makhluk punah, tetapi kecoak tetap bertahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini