Share

Alasan Anda Tak Pernah Lupa Cara Bersepeda Menurut Sains

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 15 September 2022 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 56 2668168 alasan-anda-tak-pernah-lupa-cara-bersepeda-menurut-sains-KJYkDU6NzG.jpg Alasan Anda tak pernah lupa cara bersepeda menurut sains (Foto: Unsplash/Markus Spiske)

JAKARTA - Jika Anda termasuk orang yang bisa bersepeda, mungkin akan bertanya-tanya kenapa tidak pernah lupa cara mengendarai sepeda. Padahal, sudah lama tidak melakukannya.

Disadur dari Mental Floss, Kamis (15/8/2022), hal ini ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah. Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Neuropsikolog Boris Suchan mengatakan, kita memiliki dua jenis memori jangka panjang yang berbeda, yakni memori deklaratif dan memori prosedural.

Dalam memori deklaratif ada dua sub-tipe, yaitu memori episodik dan semantik. Memori episodik adalah mengingat kembali suatu peristiwa dalam hidup, seperti pergi ke konser atau jatuh ke selokan.

Sedangkan, memori semantik, juga dikenal sebagai memori faktual, misalnya adalah mengetahui bahwa Perang Dunia II berakhir pada tahun 1945.

Untuk memori keterampilan sendiri, menggunakan memori prosedural. Belajar mengemudi, berolahraga, atau bersepeda adalah semua aktivitas yang disimpan di bagian lain otak.

Secara teoritis mungkin saja ketika menderita cedera otak dapat menghilangkan ingatan kita tentang mengendarai sepeda, akan tetapi, tetap saja kita akan tahu bagaimana cara mengendarai sepeda secara otomatis.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini