Share

5 Tipe Hacker Berdasarkan Topi Beserta Motif dan Tujuannya

Cita Zenitha, Jurnalis · Jum'at 16 September 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 54 2668708 5-tipe-hacker-berdasarkan-topi-beserta-motif-dan-tujuannya-cFc2oSqKQ2.jpg 5 tipe hacker berdasarkan topi beserta motif dan tujuannya (Foto: iStock)

JAKARTA - Ini lima tipe hacker berdasarkan ‘topi’ beserta motif dan tujuannya. Topi diartikan sebagai istilah penyebutan bagi peretas. Masing-masing memiliki misi tersembunyi.

Peretas atau hacker merupakan individu yang mampu menerobos ke dalam jaringan komputer untuk mencuri data atau informasi tersimpan.

Sebenarnya beberapa orang memiliki kompetensi sebagai hacker namun hanya sebagian kecil yang memanfaatkan keahliannya untuk berlaku kriminal.

Melihat tindakan tersebut tak heran seorang hacker diindikasikan sebagai tindak kejahatan pencurian dan peretasan data di dunia digital.

Setiap hacker memiliki julukan tersendiri menggunakan warna ‘topi’ berbeda, apa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, simak penjelasannya berikut ini.

1. Hacker White Hat

Hacker topi putih atau white hat disebut juga sebagai ethical hacker yang memiliki tujuan baik. Biasanya mereka bekerja sebagai developer atau seseorang yang jago di bidang teknologi.

White hat biasanya sudah mendapatkan izin untuk masuk ke dalam sistem. Mereka bertugas untuk memperbaiki jaringan dan software di dunia maya. Terkadang mereka juga berperan melindungi suatu bisnis dari ancaman hacker black hat.

2. Hacker Black Hat

Kebalikan dari topi putih, black hat diindikasikan sebagai peretas yang masuk kedalam website untuk berbuat kejahatan. Salah satu tujuan mereka membobol dan mencuri data adalah finansial. Setelah membobol data mereka akan menjualnya ke pasar gelap.

3. Hacker Grey Hat

Seperti namanya grey hat atau topi abu-abu, hacker ini tidak masuk ke dalam pasukan topi hitam dan topi putih. Peretasan yang mereka lakukan semata-mata untuk mencari celah dari sebuah website atau aplikasi.

Mereka akan masuk ke dalam website atau aplikasi untuk mencari tahu kekurangannya. Kemudian para grey hat akan memberitahu kekurangan tersebut kepada developer untuk diperbaiki.

4. Hacker Red Hat

Peretas topi merah sering disebut sebagai tentara perang. Tujuan mereka meretas adalah untuk menghentikan serangan yang dilakukan black hat. Dalam pekerjaannya mereka akan melancarkan serangan menggunakan malware, virus dan trojan horse.

5. Hacker Blue Hat

Selanjutnya adalah hacker blue hat atau peretas topi biru. Mereka memiliki andil dalam melancarkan serangan balas dendam kepada lawan. Sifatnya yang agresif membuat lawan harus berhati-hati.

Demikian pembahasan mengenai lima tipe hacker berdasarkan ‘topi’ beserta motif dan tujuannya. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini