Share

Adu Jago Hacker, Bjorka vs Jim Geoveid Mana Lebih Unggul?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 16 September 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 54 2669051 adu-jago-hacker-bjorka-vs-jim-geoveid-mana-lebih-unggul-14RlKIXfJj.jpg Adu jago hacker, Bjorka vs Jim Geoveid mana lebih unggul (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Belakangan ini, aksi peretasan marak terjadi di Indonesia. Hacker Bjorka menjadi bintangnya lantaran sukses mengacak-acak sederet data yang dikelola perusahaan maupun pemerintah.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya bukan hanya Bjorka yang mampu melakukan aksi peretasan. Ada nama lain yang sangat disegani, yakni Jim Geovedi yang menjadi legenda hidup di dunia hacker.

Lantas mana yang lebih unggul di antara keduanya? Untuk menjawabnya, berikut ini adalah deretan aksi yang pernah dilakukan oleh Bjorka dan juga Jim Geovedi, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/9/2022).

Bjorka

Nama Bjorka pertama kali mencuat setelah ia membocorkan data milik Perusahaan Listrik Negara (PLN), IndiHome, Komisi Pemilihan Umum, hingga 1,3 miliar data pendaftar kartu SIM. Ia semakin tenar setelah terlibat adu pesan dengan Kominfo.

Rivalitas antara Bjorka dan Kominfo dimulai saat Kominfo dengan tegas meminta Bjorka untuk menghentikan aksinya. Saat itu Bjorka pun memberikan komentar pedas lewat situs hacker BreachForums dengan menyebut Kominfo Idiot.

Tak hanya membocorkan data perusahaan, Bjorka juga mengungkap data pribadi milik Menteri Kominfo, Johnny G. Plate diungkap. Adapun data mencakup nama, NIK, alamat lengkap, tempat tanggal lahir, agama, nama orangtua, hingga nomor telepon.

Bjorka juga menargetkan beberapa pejabat Indonesia lainnya seperti Menteri BUMN, Erick Thohir dan juga cucu Presiden Soekarno, Puan Maharani yang kini berkuasa di kursi DPR RI. Data sensitif keduanya pun diumbar ke publik.

Tidak lupa Bjorka juga memberikan sentilan kepada dua pembesar negara tersebut terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Lewat akun Twitter-nya, Bjorka mengatakan keduanya tidak peka terhadap perasaan masyarakat.

"Apa kabar pak @erickthohir? Anda harus bekerja daripada berkeliling melakukan hal-hal yang tidak penting.Percayalah, Anda tidak akan pernah menjadi presiden, jangan buang waktu Anda. Apakah kamu tidak peduli dengan harga bahan bakar saat ini?" ujar Bjorka.

"Apa kabar Bu @puanmaharani_ri? Bagaimana rasanya merayakan ulang tahun ketika banyak orang memprotes harga BBM tepat di depan kantor Anda?" lanjutnya.

Bjorka juga telah berjanji akan mengungkap data-data penting lain milik Pemerintah Indonesia. Selain mengungkap data-data sensitif milik perusahaan minyak Indonesia, Pertamina, ia juga berjanji akan mengungkap dokumen rahasia milik Presiden Jokowi.

Jim Geovedi

Jim Geovedi terbilang bukan orang sembarangan dalam dunia hacker. Sepak terjang Geovedi sudah mendunia dengan sejumlah aksi white hacker yang dilakukannya. Berbeda dengan Bjorka yang misterius, Jim Geovedi lebih terbuka.

Ini karena pria kelahiran Bandar Lampung 28 Juni 1979 silam itu memang berprofesi sebagai seorang pakar teknologi yang fokus pada penemuan celah keamanan komputer dan jaringan dengan kekhususan sistem telekomunikasi maupun satelit.

Adapun kemampuannya ini didapat saat Jim Geovedi dikenalkan dengan komputer dan internet oleh seorang pendeta. Dari situ, dia belajar otodidak dan menelusuri ruang perbincangan dengan para peretas ternama dunia.

Jim Geovedi pernah meretas dua satelit Indonesia dan China untuk menguji sistem keamanan kontrol satelit dan melihat adanya kemungkinan untuk menggeser atau mengubah rotasinya. Hal itu pun mampu ia lakukan, hingga membuat kliennya panik.

Jim Geovedi bahkan mengklaim bahwa ia mampu mengendalikan jaringan internet di seluruh Indonesia, bahkan mengalihkan lalu lintas datanya, mengamati lalu lintas data yang keluar masuk, dan memodifikasi semua transaksi keuangan.

Selain berkutat dengan sistem telekomunikasi maupun satelit, Jim Geovedi juga pernah diminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mencari tahu pelaku penjebol pusat data penghitungan suara pemilu. Dan lagi-lagi, ia berhasil melakukannya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini