Share

Mengapa Beberapa Orang Bisa Hidup hingga 100 Tahun dan Bagaimana Caranya?

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Jum'at 16 September 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 56 2668878 mengapa-beberapa-orang-bisa-hidup-hingga-100-tahun-dan-bagaimana-caranya-Urrv5kjOe0.jpg Mengapa beberapa orang bisa hidup hingga 100 tahun dan bagaimana caranya? (Foto: Wikimedia Commons)

JAKARTA - Cukup jarang orang bisa hidup mencapai usia 100 tahun, tetapi tetap masih ada seseorang yang hidup dengan umur panjang dan dalam keadaan yang sehat.

Dilansir dari BU Today, Jumat (16/9/2022), Direktur Boston University New England Centenarian Study, Thomas Perls, menjelaskan bagaimana dan mengapa beberapa orang hidup sampai usia 100 tahun.

Perls mengatakan, genetika memainkan peran besar dalam menentukan apakah seseorang menjadi seorang centenarian (kelompok orang usia 100 tahun).

Sekitar satu dari setiap 5.000 orang di Amerika Serikat adalah seorang centenarian, dan sekitar 85 persen dari mereka adalah perempuan. Orang-orang yang berusia 100 tahun ini, perlahan menua, menunda penyakit terkait usia hingga jauh di kemudian hari.

Meski begitu, Perls sendiri menegaskan, kita masih dapat melakukan empat hal untuk meningkatkan peluang agar bisa hidup lebih lama, antara lain:

1. Kelola Stres atau Beban Pikiran

2. Makan dengan Benar dan Teratur (Konsumsi Daging Seminimal Mungkin)

3. Jangan Merokok karena Merusak Organ Tubuh

4. Berolahraga Secara Teratur

Berdasarkan penelitian terhadap centenarian, 30 persen faktor genetika dan 70 persen perilaku kesehatan yang menjadikan seseorang bisa berumur panjang.

Sementara itu, beberapa orang menua lebih cepat dan lebih lambat karena faktor gen dan jalur fisiologis yang terlibat dalam penuaan.

Ada faktor kuat yang memengaruhi hubungan antara penuaan dan penyakit, maka dari itu perlu menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit di masa tua. Hal ini berpengaruh untuk memperpanjang umur kita.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini