Share

Anda Sering Mengantuk Setelah Makan? Ini Penyebabnya

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Jum'at 16 September 2022 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 56 2669083 anda-sering-mengantuk-setelah-makan-ini-penyebabnya-FRp7A5Ha6a.jpg Anda sering mengantuk setalah makan? Ini penyebabnya (Foto: Flickr/Dave Chiu)

JAKARTA - Banyak orang merasa mengantuk setelah makan. Padahal, makan itu membuat tubuh jadi berenergi. Lantas, apa yang menyebabkan hal itu sering terjadi?

Berdasarkan prinsip makan, seharusnya tubuh kembali bertenaga setelah makan. Tetapi, banyak orang malah merasa mengantuk saat kenyang setelah makan.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Jumat (16/9/2022), ibarat mobil sedang mengisi bensin, makan adalah kegiatan yang memberikan tenaga supaya kita bisa kuat untuk menjalankan aktifitas kesana kesini.

Ternyata mengapa kita sering merasakan ngantuk setelah makan adalah akibat dari serotonin, zat ini berfungsi untuk mengantarkan pesan antara sel otak ke seluruh tubuh.

Zat ini mampu membuat mood kita menjadi senang, santai, lemas, dan ujungnya mengantuk.

Secara sederhana, agar badan kita bisa mencerna dan mengolah energi dari makanan, perlu bantuan zat untuk membukakan jalan dari darah ke dalam sel.

Itu adalah zat Triptofa yang selama ini tinggal di Darah, sehingga bisa jalan-jalan sampai kepada otak kita, di sinilah dia bisa berubah jadi zat yang bikin nyaman.

Namun, ternyata mengantuk atau tidak itu tergantung dari makanan yang kita konsumsi.

Apabila makanannya tinggi karbohidrat yang cepat dicerna, itu bakal lebih mungkin membuat kita cepat ngantuk apalagi kalau dikombinasikan dengan makanan yang tinggi protein karena bisa mengandung zat Triptofan tadi.

Lalu, bagaimana cara mencegah supaya tidak mengantuk setelah makan?

Ternyata kita bisa makan dengan kandungan karbohidrat yang lambat untuk dicerna, seperti kacang-kacangan, nasi merah, biji-bijian dan buah-buahan.

Jika kita membicarakan masalah mengantuk, ada satu cara ampuh yang bisa menjadi penyelamat, yaitu Power Nap atau tidur siang singkat selama 20-30 menit.

Meskipun singkat, ternyata hal ini membuat badan kita menjadi segar, kembali fokus dan menghilangkan ngantuk.

Sebenarnya, mengantuk setelah makan itu hal yang wajar, tetapi jika sudah begitu parah, itu bisa menjadi tanda kalau kita harus memperbaiki pola makan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini