Share

10 Tanda Kiamat Menurut Alquran dan Sains, di Antaranya Perputaran Bumi Berubah

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 17 September 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 56 2669186 10-tanda-kiamat-menurut-alquran-dan-sains-di-antaranya-perputaran-bumi-berubah-MGs3jusltb.jpg 10 tanda kiamat menurut Alquran dan sains, di Antaranya perputaran Bumi berubah (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Sains berpendapat, Matahari terbit dari barat dikenal sebagai tanda hari kiamat dan ini mungkin terjadi, dan Alquran sudah menuliskannya.

Dalil-dalil yang sahih menyatakan salah satu tanda datangnya kiamat adalah Matahari terbit dari barat. Ketika itu, buku amal ibadah telah selesai dan pintu tobat ditutup.

Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam yang artinya:

"Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum Matahari tebit dari barat. Jika ia telah terbit dari barat dan semua umat manusia melihatnya, mereka menjadi beriman semuanya. Pada saat itu, iman seseorang tidak ada manfaatnya jika sebelumnya ia tidak beriman atau tidak mendapat dari kebaikan imannya itu." (HR Muslim).

Dirangkum dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, diterangkan bahwa terbitnya Matahari dari barat merupakan bagian dari mukjizat yang diturunkan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Kemudian, ilmu astronomi menyebutkan, Matahari terbit dari barat bukanlah hal yang mustahil. Rotasi bumi pada porosnya akan menyebabkan pergantian malam dan siang. Jika tidak ada rotasi, maka tidak akan ada malam maupun siang.

Di separuh bagian Bumi yang menghadap Matahari terdapat cahaya siang, sementara sebagian yang lainnya terdapat malam dan kegelapan.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam ayat suci Alquran:

ู…ู’ ุชูŽุฑูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ูฑู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูŠููˆู„ูุฌู ูฑู„ู‘ูŽูŠู’ู„ูŽ ููู‰ ูฑู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑู ูˆูŽูŠููˆู„ูุฌู ูฑู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูŽ ููู‰ ูฑู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ูˆูŽุณูŽุฎู‘ูŽุฑูŽ ูฑู„ุดู‘ูŽู…ู’ุณูŽ ูˆูŽูฑู„ู’ู‚ูŽู…ูŽุฑูŽ ูƒูู„ู‘ูŒ ูŠูŽุฌู’ุฑูู‰ู“ ุฅูู„ูŽู‰ูฐู“ ุฃูŽุฌูŽู„ู ู…ู‘ูุณูŽู…ู‘ู‹ู‰ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ูฑู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุจูู…ูŽุง ุชูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู†ูŽ ุฎูŽุจููŠุฑูŒ

Artinya: "Tidakkah kamu memerhatikan bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Luqman: 29).

Sejumlah ahli ilmu astronomi mengatakan, suatu saat nanti perlambatan kecepatan rotasi Bumi pada porosnya akan sampai di suatu titik. Bumi pun akan mengubah arah putarannya.

Bumi bakal berputar dari timur ke barat, sehingga Matahari akan tampak terbit dari barat dan terbenam di timur. Hal itu selaras dengan apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam tentang tanda-tanda akan terjadinya hari kiamat.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Sungguh, hari kiamat tidak akan terjadi sebelum kalian melihat 10 tanda-tandanya. Tandaโ€“tanda itu ialah asap, Dajjal, binatang melata, terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi Isa ibn Maryam, Ya'juj dan Ma'juj, tiga buah gerhana (yaitu gerhana di timur, gerhana di barat, dan gerhana di jazirah Arab), keluarnya api dari Yaman, dan manusia digiring menuju mahsyar mereka." (HR Muslim).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini