Share

Era Digital, Masyarakat Dituntut Bijak Menggunakan Medsos

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 17 September 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 57 2669191 era-digital-masyarakat-dituntut-bijak-menggunakan-medsos-g2aSc9C7ku.png Era digital, masyarakat dituntut bijak menggunakan medsos (Foto: Dok. Kominfo)

JAKARTA - Penggiat literasi media sosial (medsos), Gun GunSiswadi, mengatakan bahwa di era digital seperti sekarang ini masyarakat harus bijak dan kritis dalam mengakses medsos.

Hal ini, perlu dilakukan agar bisa mendapat manfaat yang lebih besar di kehidupan.

"Kita perlu bijak dalam mengakses media sosial, menganalisisnya dan mengevaluasinya. Sehingga dari sana kita dapat menciptakan hal baru di era digital," kata Gun Gun dalam diskusi virtual, dikutip Sabtu (17/9/2022).

Menurutnya, perilaku di dunia maya akan sangat berpengaruh ke dunia nyata. Gun Gun menuturkan bahwa sangat penting bagi masyarakat untuk bersikap kritis dengan meningkatkan literasi digital agar tidak hanya jadi pengikut saja tapi juga jadi pemain.

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Iqbal. Dalam kesempatan yang sama, ia mengungkapkan globalisasi saat ini telah memasuki era digital, bukan lagi era konvensional ataupun tradisional.

Iqbal mengatakan, penyimpangan di media sosial perlu ditanggapi dengan kritis, karena dapat mempengaruhi jalannya demokrasi.

"Maka dengan ini, mari menjadi generasi bijak, yang mampu mencari sebanyak-banyak nya dampak positif dari perkembangan teknologi, untuk keberlangsungan proses demokrasi,” tuturnya.

Sementara itu, dosen Universitas Negeri Padang, AB Sarca Putera melanjutkan, demokrasi itu bukan sekedar pemilu dan kontestasi politik, melainkan hampir seluruh aktivitas kita merupakan proses berdemokrasi.

"Demokrasi juga bisa mati bila tidak kita rawat, memasuki era digital ini kita harus melebur untuk menjaga setiap prinsip yang terkandung dalam demokrasi," ungkapnya.

Untuk diketahui, diskusi publik ini diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan mengangkat tema “peran media sosial dalam merawat demokrasi digital”. Diskusi berlangsung secara virtual lewat zoom meeting.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini