Share

Cacing Tanah Raksasa Ditemukan, Panjangnya hingga 1 Meter

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Sabtu 17 September 2022 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 56 2669526 cacing-tanah-raksasa-ditemukan-panjangnya-hingga-1-meter-1pf0IsQnDj.jpg Cacing tanah raksasa ditemukan, panjangnya hingga 1 meter (Foto: Dok. Chris Domigan)

JAKARTA - Seorang anak laki-laki menemukan cacing tanah raksasa di rumahnya, diperkirakan panjang dari hewan dengan nama ilmiah Lumbricina itu mencapai 1 meter.

Dilansir dari Stuff, Sabtu (17/9/2022), seorang anak laki-laki berusia 9 tahun, Barnaby Domigan, sedang asyik bermain di halaman belakang rumahnya di Christchurch, Selandia Baru, dan tidak sengaja menemukan cacing tanah raksasa.

Barnaby begitu senang melihat cacing tanah raksasa itu, bahkan menamai cacing tersebut Dead Fred. Ukuran cacing tanah tersebut diperkirakan mencapai 1 meter. Jika dideskripsikan, cacing tanah raksasa itu memiliki tubuh yang panjang, empuk, dan licin.

Menurut Guinness World Records, rekor untuk ukuran itu dipegang oleh cacing Afrika Selatan. Whopper dari Eastern Cape memiliki panjang 6.7 meter dan diameter 2 centimeter, sehingga Guinness World Records mencatat itu adalah ukuran terpanjang secara alami.

Tidak mengherankan bahwa itu berasal dari spesies yang umumnya dikenal sebagai cacing tanah raksasa Afrika atau secara resmi sebagai Microchaetus rappi. Cacing ini muncul di tahun 1967, dan beberapa publikasi mencatat bahwa sebagian besar anggota spesies tersebut berukuran 1.8 meter.

Ilmuwan AgResearch, Dr. Nicole Schon, mengatakan bahwa ada sekitar 170 spesies cacing tanah asli yang diketahui ada di Selandia Baru, dan kemungkinan ada spesies lain yang belum terindentifikasi.

Diketahui ada laporan tentang cacing tanah yang cukup besar di Canterbury dan di Banks Peninsula, tetapi ukurannya tidak sebesar spesies yang ditemukan oleh Barnaby.

Dr. Schon juga mengatakan, cacing asli cenderung ditemukan di hutan yang tidak terganggu dan di daerah tanah tussock, sedangkan cacing di daerah pertanian biasanya spesies yang asalnya dari luar negeri.

“Jika Anda berada di semak-semak dan melihat cacing tanah, itu adalah cacing tanah asli. Beberapa diantaranya berukuran sepanjang lengan bawah seseorang, dan mereka mungkin bisa terlihat setelah hujan lebat,” kata Dr. Schon.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini