Share

Angkatan Laut AS Enggan Rilis Video UFO, Apa Alasannya?

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Sabtu 17 September 2022 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 56 2669563 angkatan-laut-as-enggan-rilis-video-ufo-apa-alasannya-OVXybSFD7s.jpg Angkatan Laut AS enggan rilis video UFO, apa alasannya? (Foto: Dok. Angkatan Laut AS)

JAKARTA - Keberadaan Unidentified Flying Object (UFO) masih menjadi misteri hingga sekarang, tetapi dilaporkan sempat terdeteksi oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).

Diolah dari Independent, Sabtu (17/9/2022), tetapi pihak Angkatan Laut AS justru enggan untuk menunjukkan video terkait objek UFO ke publik, apa alasannya?

Menurut pihak Angkatan Laut (AS), hal itu akan membahayakan keamanan nasional. Oleh karenanya, mereka tidak akan merilis lebih banyak video rahasia soal UFO kepada publik.

Seorang juru bicara Angkatan Laut AS pada minggu lalu memberikan tanggapan atas permintaan Undang-Undang Kebebasan Informasi (FOIA) yang diajukan oleh Black Vault, sebuah situs transparansi pemerintah AS.

“Rilis informasi ini akan membahayakan keamanan nasional karena dapat memberikan informasi berharga kepada musuh mengenai operasi, kerentanan, dan/atau kemampuan Departemen Pertahanan/Angkatan Laut,” tulis juru bicara Angkatan Laut.

Sebelumnya, situs web Black Vault telah menerbitkan arsip yang dapat diunduh dari setiap contoh Unidentified Aerial Phenomena (UAP) yang tersedia untuk umum, klasifikasi UFO oleh pemerintah AS.

Namun, sehari setelah Pentagon mendeklasifikasi tiga video UFO yang diambil oleh pilot Angkatan Laut AS, Black Vault mengajukan permintaan FOIA dan meminta mereka menyerahkan video lain yang terkait dengan UAP.

Saat mengkonfirmasi bahwa ada lebih banyak video seperti itu, juru bicara Angkatan Laut mengatakan tetap tidak bisa merilisnya.

"Tidak ada bagian dari video yang dapat dipisahkan untuk dirilis," tegasnya.

Pentagon AS mengatakan, ketiga video itu dirilis untuk menjernihkan kesalahpahaman publik tentang apakah rekaman itu nyata atau tidak, atau apakah ada lebih banyak video semacam iniatau tidak.

Pada tahun 2021, CBS News juga menayangkan program tentang UFO dalam tayangan 60 menit, inni mencakup wawancara dengan dua mantan pilot Angkatan Laut yang dikirim untuk menyelidiki penampakan UAP di lepas pantai San Diego pada tahun 2004.

Menanggapi pengakuan terbaru Angkatan Laut, Black Vault dilaporkan telah mengajukan banding mencari rilis video yang ditolak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini