Share

Daftar 5 Hewan Kecil yang Mematikan Bagi Manusia

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Sabtu 17 September 2022 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 56 2669598 daftar-5-hewan-kecil-yang-mematikan-bagi-manusia-sBmavt0vCY.jpg Daftar 5 hewan kecil yang mematikan bagi manusia (Foto: Wikimedia Commons)

JAKARTA - Hewan yang berukuran kecil kerap dianggap aman atau tidak berbahaya bagi manusia, tetapi pada dasarnya ada pula yang patut diwaspadai karena tergolong mematikan.

Hewan berukuran besar mungkin akan terlihat menakutkan dibandingkan yang bertubuh mini. Namun, terdapat beberapa hewan yang berukuran sangat kecil dan mematikan bagi manusia.

Dilansir dari kanal YouTube iNews Variety Show, Sabtu (17/9/2022), berikut daftar lima hewan kecil yang mematikan bagi manusia.

1. Bakteri Strep

Bakteri pemakan daging streptococcus atau disebut juga strap bisa memasuki tubuh manusia lewat luka terbuka dan menyebarkan keadaan yang disebut microteaching facilities, di mana infeksi menyebar sehingga membunuh jejaring tubuh manusia termasuk kulit dan otot.

Bakteri ini, menyebabkan sejumlah penyakit seperti demam Scarlet, infeksi kulit, hingga sindrom toxic shock.

Bakteri strap juga bisa menyebabkan kematian jika mengenai jaringann fascia, seseorang yang terinfeksi bakteri strep masih bisa disembuhkan dengan perawatan yang serius.

2. Lalat Berulir

Serangga asal Benua Amerika ini, biasa meletakkan telurnya di daging terbuka hewan-hewan berdarah hangat termasuk luka dan pada lubang-lubang di tubuh manusia .

Telur lalat tersebut, kemudian akan menetas sehingga memakan daging serta cairan tempatnya bertelur. Larva parasit ini memiliki ulir-ulir yang membantu belatung menyusup masuk ke dalam daging.

3. Lalat Botfly

Hewan satu ini, tidak jauh berbeda dari lalat berulir, parasit ini bisa bersarang dan menghabiskan sisa hidupnya di mamalia atau manusia. Bedanya, lalat botfly menitipkan telurnya kepada semang atau hewan perantara seperti kutu atau nyamuk.

Setelah menitipkan telurnya, telur itu akan menetas memasuki tubuh manusia, belatung ini akan menetap di dalam kulit selama delapan minggu sebelum akhirnya berubah menjadi lalat.

Ketika berada dalam tubuh, kondisi yang dikenal dengan furuncular myiasis ini, menyebabkan terjadinya pembengkakan sehingga mengeluarkan nanah.

4. Laba-laba

Di dunia ini terdapat beberapa jenis laba-laba yang menggigit untuk memakan daging.

Namun, terdapat juga laba-laba yang berbisa neurotoxin sehingga menyebabkan kaku dan mengganggu fungsi cairan tubuh atau racun necrosis yang menyebabkan matinya jaringan hidup.

Meskipun gigitannya merusak jaringan tubuh, Integrated Pest Management program di University of California menyebutkan bahwa hanya 10% gigitan yang menyebabkan luka menengah hingga serius.

Karena pada mayoritas kasus, justru infeksi bakteri jadi penyebab utama.

5. Amoeba

Organisme renik pemakan otak manusia yang bernama Naegleria Fowleri merupakan suatu amoeba berukuran mikroskopis yang bisa memasuki tubuh manusia melalui hidung, menembus sinus dan menyebar ke otak.

Hewan ini menyebabkan infeksi, sehingga otak membengkak dan berujung kematian.

Meski begitu, pada tahun 2012 lalu terdapat seorang remaja berusia 12 tahun berhasil selamat dari jangkitan hewan mematikan yang ia dapat sewaktu di taman air.

Itulah daftar lima hewan dengan ukuran kecil yang sangat berbahaya bagi manusia. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini