Share

Cara yang Lebih Efektif Dinginkan Secangkir Teh Panas Selain Ditiup Menurut Sains

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 19 September 2022 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 56 2670487 cara-yang-lebih-efektif-dinginkan-secangkir-teh-panas-selain-ditiup-menurut-sains-5S6w8vVN9z.JPG Cara yang lebih efektif dinginkan secangkir teh panas selain ditiup menurut sains (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Secangkir teh panas memang bisa didinginkan dengan cara ditiup, ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang di dunia. Tetapi, ada hal lain yang dapat dilakukan dan lebih efektif.

Diolah dari BBC Science Focus, Senin (19/9/2022), secara teori molekul teh akan menguap dari permukaan ketika ditiup. Energi kinetik rata-rata teh pun turun seperti halnya suhu teh.

Molekul mengembun dalam kabut beruap di atas cangkir, yang menurunkan tingkat penguapan.

Ini semua bisa terjadi meskipun udara yang dihembuskan dari mulut juga sebenarnya hangat.

Hembusan udara menggantikan udara panas dengan udara yang lebih dingin dan lebih kering, yang kemudian meningkatkan penguapan.

Namun, perlu diketahui bahwa ada hal lain yang dapat membuat secangkir teh panas lebih cepat dingin dibanding dengan hanya meniupnya.

Caranya, dengan melakukan pengadukan, maka akan membantu mendinginkan teh dengan mempercepat proses konveksi.

Pengadukan akan membawa teh terpanas yang berada di bagian bawah cangkir naik ke atas. Dengan begitu, suhu teh akan dingin secara merata dibanding dengan meniup dipermukaannya saja.

Pusaran yang muncul akibat dari pengadukan juga akan memperbesar luas permukaan untuk meningkatkan penguapan dan pendinginan.

Jadi, untuk lebih cepat mendingan teh panas bisa lakukan peniupan sekaligus pengadukan.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini