Share

4 Hewan yang Punya IQ Tinggi Setara dengan Manusia

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 19 September 2022 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 56 2670665 4-hewan-yang-punya-iq-tinggi-setara-dengan-manusia-NEO8cV3sMt.jpg 4 hewan yang punya IQ tinggi setara dengan manusia (Foto: iStock)

JAKARTA - Ada empat hewan yang punya Intelligence Quotient (IQ) tinggi, bahkan dinilai setara dengan manusia. Sebab, mereka mampu melakukan banyak hal.

Dirangkum dari berbagai sumber, apa saja keempat hewan yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi? Selengkapnya simak penjelasan berikut ini.

1. Gurita

Gurita adalah hewan tak bertulang belakang dan menurut beberapa penelitian, mereka adalah pemburu hebat yang memanfaatkan pikiran mereka saat berburu. Mereka juga menggunakan banyak strategi untuk melindungi diri dari pemangsa.

Ketika mereka ditemukan oleh orang lain, mereka melepaskan warna hitam yang aneh dan juga mengubah bentuk tubuh mereka. Ada hampir 300 spesies Octopus yang diketahui hingga sekarang.

2. Lumba-Lumba

Lumba-lumba adalah salah satu hewan yang paling ramah, mereka bahkan dapat mengenali diri mereka sendiri di cermin dan menunjukkan seberapa cerdas mereka.

Lumba-lumba hidung botol, dikenal memiliki otak terbesar di seluruh kerajaan hewan. Mereka mampu membantu manusia memecahkan banyak misteri yang terhubung ke lautan.

Mereka bahkan dapat menunjukkan emosi yang berbeda seperti suka dan duka. Bahkan ketika lumba-lumba tidur, hanya satu bagian dari otak mereka yang tidur dan yang lainnya tetap aktif untuk bertahan melawan ancaman apa pun.

3. Gagak

Ukuran otak gagak hampir seukuran jempol manusia, cukup besar mengingat ukuran tubuhnya. Ini membantu mereka memecahkan masalah yang rumit dan juga mereka memiliki ingatan yang baik. Menurut para ilmuwan, gagak memiliki kemampuan untuk mengingat dan mengenali setiap wajah manusia.

Bagian otak gagak yang berbeda mulai menyala ketika mereka melihat seseorang dan mencari tahu apakah mereka mengancam atau ramah. Jadi, lain kali Anda berpikir untuk menyakiti seekor burung gagak, ingatlah bahwa mereka tidak akan lupa.

4. Simpanse

Juga dikenal sebagai simpanse atau kera, hewan-hewan asli Afrika sub-Sahara ini sangat cerdas. Simpanse menyerupai manusia tidak hanya sejauh menyangkut penampilan mereka tetapi juga mereka dapat berpikir seperti kita manusia untuk tingkat yang baik.

Mereka berkomunikasi dalam kelompok mereka dengan cara yang luar biasa. Mereka juga dapat menggunakan alat yang mereka temukan di hutan, untuk mencari makanan atau menemukan komunitas mereka. Jika simpanse dilatih dengan benar, mereka bahkan dapat belajar bahasa manusia.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini