Share

Tips Bersihkan Layar TV dari Debu yang Menumpuk

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 19 September 2022 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 57 2670338 tips-bersihkan-layar-tv-dari-debu-yang-menumpuk-bj18vIlyHR.jpeg Tips bersihkan layar TV dari debu yang menumpuk (Foto: HGTV)

JAKARTA - Debu dan kotoran lain dapat menempel lalu menumpuk di layar TV. Kalau sudah begini, tentu kenyamanan dalam menonton serial kesayangan akan terganggu.

Oleh karenanya, penting selalu menjaga kebersihan layar TV secara berkala. Selain agar tampilan layarnya jernih, juga sebagai bagian dari perawatan agar layar TV bisa awet digunakan dalam waktu lama.

Perlu diketahui, membersihkan layar TV tidak bisa sembarangan. Harus dilakukan dengan cara yang benar, berikut adalah tipnya, melansir dari Digital Trends, Senin (19/9/2022).

- Hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan TV terlebih dahulu

- Sebelum mulai membersihkan, pastikan TV sudah dalam keadaan dingin karena jika membersihkannya dalam kondisi masih panas justru bisa mengakibatkan kerusakan

- Jika sudah dingin, silakan bersihkan layar untuk menghilangkan partikel kotoran dengan cara seka dengan kain lembut bebas serat

- Lakukan langkah tersebut hingga tidak ada lagi debu atau oda yang menempel di layar TV

Apabila cara di atas masih belum bisa membersihkan layar TV secara maksimal, maka bisa menggunakan langkah yang lebih advance. Caranya adalah dengan menggunakan larutan pembersih.

Larutan pembersih bisa dibuat sendiri dengan mencampurkan isopropil alkohol dengan air dalam gelas, di mana takarannya sama. Selanjutnya, aduk campuran, lalu celupkan kain ke dalam larutan kemudian peras.

Berikutnya, usapkan kain yang sudah basah dengan larutan alkohol ke layar TV. Usapkan secara perlahan hingga noda yang membandel bersih.

Itulah cara membersihkan layar TV yang benar. Cara ini berlaku untuk segala jenis TV.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini