Share

Daftar 6 Hewan yang Darahnya Tak Berwarna Merah

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 20 September 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 56 2671321 daftar-6-hewan-yang-darahnya-tak-berwarna-merah-KYf7rFAWiS.jpg Daftar 6 hewan yang darahnya tak berwarna merah (Foto: Twitter/@skinks_IUCN)

JAKARTA - Terdapat enam hewan di Bumi yang darahnya ternyata tidak berwarna merah, tentu ini menjadi fakta yang unik, mengingat umumnya setiap makhluk hidup berdarah merah.

Dirangkum dari berbagai sumber, hewan memiliki komponen darah yang sebagian besar terdiri dari plasma, tetapi ada juga beberapa protein dan pigmen di dalam darah.

Semua komponen ini, berkontribusi dalam memberikan warna darah. Akibatnya, ada beberapa hewan yang tidak memiliki darah berwarna merah.

Lantas, hewan apa saja yang tidak memiliki darah berwarna merah? Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Crocodile Icefish

Ikan berdarah putih ini dikenal dengan sebutan Crocodile icefish. Habitatnya berada di Samudra Selatan sekitar Antartika. Meski dikenal sebagai ikan berdarah putih, nyatanya darah dalam tubuh hewan ini tidak berwarna.

Saat mereka tumbuh dewasa, crocodile icefish akan kekurangan hemoglobin sehingga hewan ini tidak memiliki darah berwarna merah.

2. Brachiopoda

Brachiopoda sekilas tampak seperti kerang. Hewan ini, memiliki dua cangkang artikulasi, satu terletak di bawah, sementara yang lain menutupinya dari atas.

Brachiopoda tidak bergantung pada hemoglobin atau hemosianin untuk mengangkut oksigen dalam darah. Tugas itu, diserahkan kepada hemeritrin, salah satu protein berpigmen.

Hemeritrin mengandung atom besi dalam susunan yang berbeda dengan hemoglobin. Hemeritrin membuat darah terdeoksigenasi, terlihat tidak berwarna atau agak kuning.

Kendati demikian, begitu darah mulai mengambil oksigen, warnanya akan berubah menjadi ungu hingga merah muda.

3. Gurita

Gurita memiliki darah kebiruan karena kandugan hemosianin. Uniknya lagi, gurita punya tiga jantung yang digunakan untuk memompa cairan ini.

Bagi gurita yang hidup di laut dalam yang miskin oksigen, hemosianin lebih baik daripada hemoglobin dalam membawa oksigen melalui pembuluh darah.

4. Teripang

Teripang hidup di dasar laut dengan ribuan kaki kecil yang dimilikinya, hewan ini bergerak secara perlahan. Diketahui, ia memiliki darah berwarna kuning akibat tingginya konsentrasi vanabin yang punya pigmen kuning dalam darah.

5. Kadal Papua Nugini

Papua Nugini adalah rumah bagi beberapa spesies kadal dari keluarga skink dengan darah hijau limau, bahkan temasuk lidah, otot dan tulang mereka seluruhnya berwarna hijau.

6. Kepiting Tapal Kuda

Berkat adanya hemosianin berbasis cobber dalam darahnya, kepiting tapal kuda memiliki darah berwarna biru muda. Hewan ini tidak memiliki vena, karena darah mengalir melalui sistem peredaran darah terbuka. Dengan begitu, kepiting tapal kuda memiliki akses langsung ke organ-organ internal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini