Share

Ini Deretan Media Sosial yang Pernah Digunakan Bjorka Pamerkan Aksinya

Tika Vidya Utami, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 54 2672283 ini-deretan-media-sosial-yang-pernah-digunakan-bjorka-pamerkan-aksinya-lHgIXX2LeP.jpg Bjorka. (Foto: Twitter)

AKSI peretasan yang dilakukan hacker Bjorka memang cukup menyita perhatian para netizen. Apalagi, Bjorka sempat membajak situs milik pemerintah, dan mengaku telah meretas data pemerintah Indonesia.

Bjorka pun memiliki sejumlah media sosial yang dia gunakan sebagai corong untuk memamerkan aksinya. Memang, akun media sosial miliknya beberapa sudah ditangguhkan, tapi Bjorka pun membuat akun baru. Nah, berikut media sosial yang digunakan Bjorka terkait aksi peretasannya.

 

Telegram

Hacker Bjorka membuat channel Telegram baru dengan nama “Bjorkanesian” setelah channel privatnya diturunkan. Kabar diturunkannya channel Bjorka ini diketahui dari Bjorka di grup Telegramnya. Bjorka memberi link channel terbaru, usai sebelumnya menuliskan “r u ready” pada grup tersebut.

Bjorka mempunyai dua akun di Telegram, yaitu dalam bentuk privat serta grup. Akun privat dan akun grup Bjorka ini telah mempunyai pengikut serta anggota. Di grup Telegram, Bjorka membagikan data vaksinasi serta hasil tes senjata api. Selain itu, dalam kolom percakapannya, Bjorka sempat membagikan tulisan tentang kasus Munir Said Thalib, aktivis HAM Indonesia yang tewas dibunuh. Namun saat ini, akun Telegram Bjorka, yaitu Bjorkanesian dan Bjorkanism, telah hilang.

BreachForums

Salah satu media yang digunakan hacker Bjorka untuk memberikan kabar atau informasi terbaru atas aksi peretasannya adalah BreachForums. Diketahui, BreachForums adalah sebuah forum diskusi yang tidak jauh berbeda dengan situs berbentuk forum lainnya.

BreachForums ini merupakan suksesor dari situs dengan konsep seperti RaidForums. Sebelum resmi ditutup, RaidForums menjadi ajang bagi para peretas berbagi informasi mengenai peretasan, pembobolan, serta jual beli data pribadi.

Tiga pekan setelah RaidForums diblokir, dibuatlah BreachForums oleh hacker dengan nama “pompomrupin”. Hacker pompomrupin ini mengatakan bahwa dirinya membuat BreachForums sebagai alternatif dari RaidForums, pada Maret 2022. Akan tetapi, BreachForums tidak berafiliasi dengan RaidForums dalam hal apa pun.

BreachForums makin populer di kalangan para hacker guna melakukan transaksi jual beli data curian. BreachForums sudah mempunyai lebih dari 1.500 anggota dan jumlahnya terus bertambah. Banyak orang yang bermigrasi ke BreachForums lantaran dijalankan oleh anggota elite RaidForums. Di BreachForum inilah Bjorka memberi data rahasia secara gratis.

Twitter

Akun Twitter pertama milik Bjorka yang bernama @bjorkanism ditangguhkan oleh pihak Twitter. Pada hari itu, Bjorka melakukan penyebaran data pribadi tanpa izin milik beberapa tokoh Tanah Air, mulai dari Presiden Indonesia Joko Widodo, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Kominfo Johnny G Plate, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, hingga Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Tapi, Bjorka kembali membuat akun Twitter baru dengan nama @bjorxanism. Namun, akun tersebut juga mengalami penangguhan pada sore harinya. Sudah dua kali akun Twitter miliknya ditangguhkan, Bjorka pun kembali membuat akun Twitter dengan nama @bjorkanesian, meskipun tidak bertahan lama.

Diketahui, penangguhan beberapa akun Bjorka ini dilakukan oleh pihak Twitter disebabkan adanya pelanggaran terhadap kebijakan Twitter mengenai penyebaran materi hasil peretasan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini