Share

NASA Potret Badai di Jupiter, Mirip Lukisan Vincent van Gogh

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 56 2671875 nasa-potret-badai-di-jupiter-mirip-lukisan-vincent-van-gogh-Tnp3tU0Ljp.JPG NASA potret badai di Jupiter, mirip lukisan Vincent van Gogh (Foto: NASA)

JAKARTA - NASA berhasil mengabadikan momen menakjubkan lewat pesawat ruang angkasa Juno, di mana memotret badai ekstrem setinggi 48,2 km melintasi atmosfer planet terbesar di tata surya, Jupiter.

Badai yang terjadi begitu dahsyat, karena Jupiter tidak memiliki permukaan padat untuk memperlambatnya, badai ini diperkirakan akan berlangsung selama bertahun-tahun.

Dilansir dari TecheBlog, Rabu (21/9/2022), Badai juga disebut memiliki kecepatan angin hingga 539 km/jam. Saking luar biasanya, efek badai dengan banyaknya pusaran, bentuknnya menyerupai lukisan fenomenal The Starry Night karya Vincent van Gogh.

Diketahui, lukisan The Starry Night dibuat pada Juni 1889, lukisan tersebut menggambarkan pemandangan dari jendela yang menghadap ke arah timur dari kamar rumah sakit jiwanya Vincent van Gogh di Saint-Rémy-de-Provence.

Dalam lukisan, area langit diberi warna biru yang gelap. Objek bintang dan awan dibuat seperti pusaran. Jika sandingkan dengan foto yang ditangkap Juno, keduanya terlihat sangatlah mirip, hanya saja foto badai Jupiter warnanya lebih terang.

"Badai di Jupiter muncul dalam nuansa biru dan putih, badai muncul dalam pola pusaran besar dengan pola bergelombang muncul di antara lingkaran,” kata NASA dalam deskripsi fotonya.

Adapun momen ditangkap oleh Juno saat menyelesaikan penerbangan ke-43 Jupiter di atas Kutub Utara planet ini. Ilmuwan warga Brian Switch menyempurnakan warna gambar ini sebagai bagian dari proyek Jovian Vortex Hunter.

Ini dilakukan untuk membantu para ilmuwan mempelajari atmosfer planet. Yang menariknya, proyek Jovian Vortex Hunter tidak memerlukan pelatihan atau peralatan khusus sehingga mudah untuk langsungkan.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini