Share

Alasan Kenapa Harus Aktifkan Airplane Mode Saat di Pesawat

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 57 2671840 alasan-kenapa-harus-aktifkan-airplane-mode-saat-di-pesawat-vTZLcHIaVf.jpg Alasan kenapa harus aktifkan airplane mode saat di pesawat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pengguna gawai (gadget) saat berada di pesawat diwajibkan untuk menyetel perangkat ke airplane mode (mode pesawat). Hal ini, bukan tanpa alasan karena berpengaruh besar pada keselamatan.

Smartphone dengan data yang aktif disebut dapat memancarkan sinyal dalam pita frekuensi yang sama dengan sistem komunikasi dan navigasi pesawat, sehingga menciptakan interferensi elektromagnetik.

Meskipun saat ini sudah banyak juga pesawat yang menggunakan teknologi canggih untuk memisahkan sinyal keduanya, tetap saja penggunaan smartphone dilarang karena dapat pula menimbulkan gangguan ground.

Seperti dilansir dari ABC, Rabu (21/9/2022), komunikasi pesawat terhubung ke serangkaian menara. Jaringan bisa menjadi kelebihan beban jika penumpang semuanya menggunakan smartphone mereka.

Industri penerbangan juga menunjukkan, spektrum bandwidth jaringan nirkabel 5G sangat dekat dengan spektrum bandwidth penerbangan, yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem navigasi di dekat bandara yang membantu pendaratan pesawat.

Diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk mengatasi persoalan ini. Yang pasti, adalah bijaksana untuk tetap membatasi penggunaan smartphone di pesawat hingga masalah seputar ini diselesaikan.

Kalau memaksa tetap terhubung ke internet, pilihlan maskapai yang memberikan layanan WiFi inflight. Dengan teknologi ini, penumpang dapat menggunakan smartphone untuk melakukan panggilan video dengan teman atau klien selama penerbangan.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini