Share

8 Fitur Tersembunyi iOS 16 yang Wajib Anda Ketahui

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 57 2672291 8-fitur-tersembunyi-ios-16-yang-wajib-anda-ketahui-Kr2RNLNIQd.JPG 8 fitur tersembunyi iOS 16 yang wajib Anda ketahui (Foto: Apple)

JAKARTA - Pemilik iPhone sudah bisa mencoba iOS 16 dengan semua fitur terbaru yang dihadirkan. Sistem operasi ini tidak desain ulang total, tetapi dikemas pembaruannya dengan perubahan yang signifikan.

Apple telah mempresentasikan pembaruan itu di WWDC 2022 dan halaman resmi situs webnya, tetapi mungkin ada beberapa yang dilewatkan oleh para pengguna Apple.

Dilansir dari BGR, Kamis (22/9/2022), ternyata ada fitur tersembunyi yang jarang diketahui oleh pengguna Apple. Fungsi tersembunyi ini, sejatinya dapat membantu pengguna agar bisa beraktivitas dengan lebih banyak.

Jika Anda mencari fitur tersembunyi terbaik yang ada di iOS 16, simak di bawah ini.

1. Hapus Lebih Banyak Aplikasi Apple

Enam tahun lalu, rilisnya iOS 10 memberikan pemilik iPhone dan iPad untuk menghapus beberapa aplikasi pra-instalnya. Pada iOS 16, daftar aplikasi pihak pertama yang dapat Anda hapus telah bertambah.

Setelah melakukan pembaruan, Anda dapat menghapus aplikasi Apple Watch, Find My, dan Health Apps. Namun, jika Anda memerlukan kembali aplikasi tersebut, Anda dapat mengunduhnya kembali dari App Store.

2. Berhenti Menutup Telepon Secara Tidak Sengaja

Jika Anda memiliki ponsel cerdas, kemungkinan besar Anda tidak sengaja menutup telepon seseorang sebelum Anda bermaksud untuk melakukannya, bisa saja terjadi. iOS 16 dapat mencegah hal itu terjadi.

Anda dapat menanganinya dengan cara membuka Pengaturan, lalu pilih Aksesibilitas > Sentuh. Anda ketuk opsi Cegah Kunci untuk Mengakhiri Panggilan. Sekarang, Anda tidak akan menutup telepon siapa pun jika tidak sengaja menekan tombol samping saat sedang melakukan panggilan.

3. Reaksi Emoji untuk Kontak Android

Saat ini, Anda dapat bereaksi terhadap pesan teks dari perangkat Android dengan menu Tapback. Inilah yang Apple sebut sebagai reaksi emoji yang dapat dikirimkan di Pesan. Ini akan menghilangkan semua teks yang mengganggu dalam obrolan grup pengguna iOS dan Android.

4. Pemberitahuan iPhone Panas Saat Mengisi Daya

Jika iPhone Anda mulai memanas saat mengisi daya, akan muncul pemberitahuan “Pengisian Ditahan” sehingga pengisian daya akan dilanjutkan saat iPhone kembali pada suhu normal. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan ponsel Anda dan masa pemakaian baterai.

5. Sinkronisasi Ekstensi Safari di Seluruh Perangkat

Jika Anda memiliki ekstensi Safari yang berguna dan terpasang di Mac, kemudian Anda ingin menambahkan ke iPhone, kini sudah bisa menyinkronkan ekstensi di seluruh perangkat. Hal ini hanya akan bekerja dengan ekstensi yang didukung, tetapi akan menghemat waktu.

6. Sisipkan Emoji Menggunakan Suara Anda

Pada iOS 16, Anda dapat menambahkan emoji menggunakan suara sendiri saat mendiktekan di perangkat Apple yang Anda miliki. Jika Anda sering menggunakan suara-ke-teks, ini akan menjadi fitur yang sangat berguna.

7. Koversi Mata Uang

Anda kini tak perlu pusing memikirkan hitungan uang atau repot membuka Google dan kalkulator saat berbelanja di negara lain. Dengan adanya fitur baru di Live Text pada iOS 16 dapat membantu Anda dalam menangani hal tersebut.

Caranya adalah hadapkan kamera iPhone pada label harga, tunggu ikon Live Text muncul, kemudian ketuk dan tahan harga. Setelahnya, Anda pilih “Konversi” dan nilai mata uang tersebut akan terlihat.

8. Aktifkan Umpan Balik Keyboard Haptic

Anda dapat menikmati fitur Keyboard Haptic yang identik dengan efek getaran saat mengetik. Pengguna akan merasakan efek tersebut tiap menekan huruf-huruf pada keyboard iPhone default.

Anda dapat mengaktifkannya dengan cara membuka Pengaturan, pilih menu Suara & Haptik > Umpan Balik Keyboard, lalu ketuk Haptik. Keyboard Feedback iPhone Anda otomatis telah aktif.

Demikian fitur-fitur tersembunyi yang ada pada iOS 16. Anda bisa mencoba jika sudah melakukan pembaruan OS pada perangkat Apple yang Anda miliki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini