Share

Elon Musk Segera Produksi Robot Humanoid Optimus, Ambil Alih Pekerjaan Manusia

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 56 2672669 elon-musk-segera-produksi-robot-humanoid-optimus-ambil-alih-pekerjaan-manusia-yzdNMv1Vpm.jpg Elon Musk segera produksi robot humanoid optimus, ambil alih pekerjaan manusia (Foto: Reuters)

JAKARTA - Elon Musk memberikan gambaran yang cukup mengerikan tentang masa depan. Rencananya, dia akan memproduksi ribuan robot humanoid Optimus ke pabrik mobil Tesla.

Pada acara Tesa AI Day, Musk akan memperkenalkan sebuah robot prototipe canggih yang nantinya diharapkan berada di jutaan rumah di seluruh dunia.

Dikutip dari The Daily Star, Kamis (22/9/2022), Musk akan memproduksi ribuan robot humanoid dan menggunakannya untuk mengambil alih pekerjaan manusia di pabrik mobil Tesla.

Sebelumnya, pemilik nama lengkap Elon Reeve Musk tersebut pernah mengatakan, dia ingin robot tersebut nantinya digunakan di rumah untuk membuat makan malam, merawat orang tua, memotong rumput, menjadi teman, bahkan partner seks.

Mengenai robot tersebut, sebelumnya Optimus Tesla disambut dengan kecurigaan dari berbagai pihak. Banyak yang mengira robot itu adalah seorang manusia yang mengenakan kostum khusus dan diperlihatkan sebagai robot pada acara AI Day pada tahun lalu.

Terlepas dari itu, Musk percaya bisnis robot bisa lebih bernilai dibanding mobil yang diproduksi oleh Tesla. Sejumlah ahli robotika mengatakan, robot Optimus harus melakukan sesuatu yang sangat mengesankan, guna mengubah persepsi publik tentang robotnya.

Sementara itu, menurut pandangan seorang profesor dari Arizona State University, Nancy Cooke, robot harus melakukan beberapa tindakan tanpa naskah, agar bisa membuat orang terkesan.

"Jika hanya membuat robot berjalan-jalan, atau membuat robot menari, itu sudah selesai. Itu tidak terlalu mengesankan," jelas Cooke.

Selain sempat banyak anggapan miring dan kecurigaan, keraguan masyarakat tentang robot Optimus diperparah dengan fakta bahwa Elon Musk punya rekam jejak yang tidak terlalu menjanjikan dan cenderung kurang memuaskan.

Contohnya ketika Musk mengklaim fungsi sel-driving yang aman pada mobil Tesla sejak 2014, tetapi ternyata masih belum.

Meski demikian, Elon Musk dikabarkan tetap bersikukuh akan menghasilkan jutaan Robot Tesla, dan meluncurkannya ke seluruh dunia.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini