Share

Daftar 5 Hewan Hybrid Hasil Kawin Silang, dari Wolphin hingga Cama

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 56 2672824 daftar-5-hewan-hybrid-hasil-kawin-silang-dari-wolphin-hingga-cama-5hSv0EwRhR.jpg Daftar 5 hewan hybrid hasik kawin silang, dari wolphin hingga cama (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Ternyata ada banyak hewan hybrid yang lahir karena kawin silang, di antaranya ada yang disebut sebagai Wolphin dan Cama.

Diketahui, kawin silang antar spesies di dunia satwa sangat jarang terjadi, sebab sebagian besar dari mereka cenderung berinteraksi dengan jenisnya sendiri.

Meski begitu, hewan hybrid atau hasil persilangan tetap ada, dan tentu berkat campur tangan manusia. Mereka biasanya hidup di penangkaran yang memang digunakan untuk bahan penelitian.

Lantas seperti apa hewan hybrid hasil kawin silang? Berikut adalah daftarnya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Wolphin

Wolphin atau Whale Dolphin adalah hewan hybrid hasil perkawinan silang antara paus oembunuh jantan dengan lumba-lumba hidung botol betina. Wolphin pertama kali ditemukan di Hawaii pada tahun 1980-an dan diberi nama Kekaimalu.

Hewan mamalia ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Namun dia memiliki gigi yang lebih banyak dari lumba-lumba pada umumnya. Adapun warnanya adalah campuran dari warna hitam dan abu-abu.

2. Liger dan Tigon

Liger dan Tigon adalah hewan hybrid hasil persilangan dari Singa dan Harimau. Liger adalah hasil persilangan dari singa jantan dengan harimau berina, sementara Tigon adalah sebaliknya, yakni dari harimau jantan dengan singa betina.

Liger identik dengan tubuh lebih besar dari induknya hingga memiliki berat mencapai 400 kg. Liger huga dikenal suka berenang seperti harimau. Sedangkan Tigon cenderung memiliki tubuh kerdil karena mewarisi gen induk singa betina sehingga rata-rata beratnya hanya 200 kg.

3. Jaglion

Jaglion adalah persilangan antara jaguar jantan dengan singa betina yang termasuk dalam kelas patera. Perkawinan silang ini dilakukan karena sebagian besar pantera jantan mandul sehingga peluang untuk bertahan hidup di alam liar sangat kecil.

Manusia kemudian ikut campur tangan untuk mengawinkan dua spesies satwa yang berbeda ini. Meskioun sangat asing di telinga, kawin silang jaguar dan singa menurut ilmuan sebenarnya juga terjadi secara alami di habitat mereka.

4. Zebroid

Charles Darwin adalah salah satu orang yang pertama menyebutkan zebroid, hewan yang sulit diatur dan sulit dijinakkan, dan lebih agresif daripada kuda.

Zebroid adalah keturunan dari persilangan antara zebra dan kuda lain untuk membuat hibrida. Dalam kebanyakan kasus, pejantan adalah kuda zebra.

Keturunan dari pejantan keledai dan zebra disebut donkra dan keturunan pejantan kuda dan zebra yang disebut hebra memang ada, tetapi jarang dan biasanya mandul. Zebroid telah dibiakkan sejak abad ke-19. Charles Darwin mencatat beberapa hibrida zebra dalam karyanya.

5. Cama

Cama adalah hibrida antara unta dromedaris jantan dan llama betina, dan telah diproduksi melalui inseminasi buatan di Pusat Reproduksi Unta di Dubai pada tahun 1998. Hewan ini diciptakan untuk bulu dan penggunaan sebagai alat transportasi membawa beban.

Hanya 5 yang pernah dikembangbiakan. Cama pertama lahir pada 14 Januari 1998. Tujuannya adalah untuk menciptakan hewan yang mampu menghasilkan wol lebih tinggi daripada llama, dengan ukuran dan kekuatan unta dan temperamen yang kooperatif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini