Share

NASA Sukses Perbaiki Roket Artemis 1, Siap Meluncur ke Bulan

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 56 2672934 nasa-sukses-perbaiki-roket-artemis-1-siap-meluncur-ke-bulan-pZRnzFIxvC.jpg NASA sukses perbaiki roket artemis 1, siap meluncur ke Bulan (Foto: NASA)

JAKARTA - NASA telah sukses memperbaiki Roket Artemis 1 setelah sebelumnya mengalami masalah teknis hingga mengharuskan peluncurannya ditunda. Saat ini, roket sudah siap mengudara yang mana rencananya akan dilangsungkan pada pekan depan.

Dilansir dari Engadget, Kamis (22/9/2022), NASA akhirnya telah berhasil menguji penambahan bahan bakar super-dingin ke tangki Sistem Peluncuran Luar Angkasa.

Mereka menemukan bahwa rupanya kemarin masalah terletak di tangki bensin.

Dikatakan, tangki mengalami kebocoran yang dipicu ketika tangki pendorong inti roket SLS mengalami tekanan berlebih yang singkat. Kali ini tim akan menyesuaikan prosedur pengisian tangki roket dengan propelan agar insiden serupa tak terjadi.

Tim juga mulai melibatkan transisi suhu dan tekanan lebih lambat untuk mencegah perubahan cepat yang dapat menyebabkan kebocora ln serta mengganti segel hidrogen cair roket setelah menemukan lekukan kecil di salah satu dari mereka yang mungkin berkontribusi pada kebocoran.

Sementara para insinyur mengalami masalah kebocoran hidrogen lain selama uji bahan bakar, upaya pemecahan masalah mereka berhasil kali ini dan membuat kebocoran itu dalam tingkat yang diizinkan.

Itu memungkinkan mereka untuk melakukan tes pra-tekanan, yang menaikkan tingkat tekanan tangki hidrogen cair agar sesuai dengan apa yang akan dialami sebelum peluncuran yang sebenarnya.

Direktur peluncuran Artemis 1 Charlie Blackwell-Thompson mengatakan bahwa pengujian berjalan sangat baik dan bahwa tim mampu mencapai semua tujuan yang telah ditetapkan.

Sekarang NASA akan mengevaluasi data dari pengujian sebelum memutuskan apakah dapat menjadwalkan peluncuran lain untuk misi tersebut pada pekan depan atau pada ttanggal target 27 September mendatang.

Untuk diketahui, sebelumnya NASA membatalkan peluncuran perdana roket Artemis I karena terus saja mengalami masalah teknis. Kebocoran pertama kali diketahui setelah roket mulai diisi dengan hidrogen cair.

NASA mengatakan kebocoran terjadi di sisi pasokan pemutusan cepat 8 inci saat mencoba mentransfer bahan bakar ke roket. Tim pun melakukan tiga upaya perbaikan, tetapi kebocoran tetap saja terjadi.

Akhirnya para insinyur merekomendasikan agar peluncuran ditunda terlebih dahulu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini