Share

Deretan Planet Aneh dengan Kondisi yang Bikin Bingung

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 56 2673528 deretan-planet-aneh-dengan-kondisi-yang-bikin-bingung-Yvl34zNid7.JPG Deretan planet aneh dengan kondisi yang bikin bingung (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Di alam semesta ada banyak misteri dari planet-planet yang belum terpecahkan oleh para ilmuwan, terkadang fakta yang diketahui bikin bingung orang-orang awam.

Berkat perkembangan teknologi yang memungkinkan para astronom meneliti benda antariksa, planet-planet baru yang ditemukan ternyata sangat identik dengan karakterisitiknya yang cukup aneh.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Jumat (23/9/2022), ditemukan planet aneh yang buat geleng-geleng kepala, ia bernama Gliese 436 b, terletak di arah rasi bintang Leo, 32 tahun cahaya dari Bumi.

Gliese 436 b ini, merupakan planet seukuran Neptunus. Jarak planet tersebut ke bintang induknya 13 kali lebih dekat dibandingkan jarak Merkurius ke Matahari, sekitar 4.350.000 kilometer, sehingga membuat planet ini menjadi sangat panas mencapai sekitar hampir 530 derajat Celcius.

Setelah diteliti oleh para ilmuwan, ternyata planet tersebut terbuat dari bongkahan es. Mungkinkah ada es yang mampu bertahan dalam suhu yang sangat panas? Terlihat sangat mustahil, tetapi nyatanya itu bisa terjadi di planet Gliese 436 b ini. Mengapa bisa?

Ternyata, es yang ada dalam planet tersebut bukanlah es biasa, yaitu disebut Ice-X. Es tersebut bisa beku walaupun suhu pada planet panas. Hal itu dikarenakan gravitasi yang dihasilkan sangat kuat sehingga tekanannya menjadi tinggi.

Sama halnya dengan karbon yang dapat berubah menjadi berlian akibat tekanannya yang sangat tinggi, melalui prinsip yang sama, air dapat berubah menjadi wujud padat, bahkan lebih padat dari es.

Selain itu, ada planet aneh yang disebut PSR J1719-1438 b yang dijuluki sebagai planet berlian. Planet jaraknya sejauh 4.000 tahun cahaya dari Bumi, memiliki berat setara planet Jupiter, tetapi ukurannya berbeda.

Tidak hanya planet PSR J1719-1438 b yang dijuluki sebagai planet berlian, tetapi masih ada planet berlian lain bernama 55 Cancri e. Planet ini berjarak sejauh 41 tahun cahaya dari Bumi, memiliki ukuran dua kali lebih besar dari Bumi, tetapi delapan kali lipat massanya.

Hal itu terjadi karena kedua planet berlian tersebut memiliki jarak yang dekat dengan bintangnya masing-masing, sehingga menjadi lebih padat dan memiliki suhu yang lebih panas.

Jika dilihat dari nilai ekonomis, planet berlian ini memiliki nilai $27 nonilion dolas AS (nonilion memiliki angka nol sebanyak 30).

Planet tersebut, dikenal dengan sebutan eksoplanet, di mana keberadaannya di luar dari sistem tata surya kita. Sejauh ini, sudah ada sekitar 5.000 eksoplanet yang ditemui oleh para astronom dan ilmuwan, dari miliaran planet yang ada di Galaksi Bimasakti.

Penemuan ini bisa dilakukan karena adanya bantuan dari Teleskop Luar Angkasa James Webb, yang berhasil menemukan planet-planet sejauh ribuan tahun.

Alam semesta memiliki hal-hal yang luar biasa dan banyak yang belum diketahui, sehingga kita perlu melakukan riset agar dapat mengetahui dan mempelajarinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini