Share

Fitur Hapus Informasi Pribadi di Google Search Meluncur, Begini Cara Pakainya

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 57 2673564 fitur-hapus-informasi-pribadi-di-google-search-meluncur-begini-cara-pakainya-np0h1usKzF.JPG Fitus hapus data pribadi di Google Search meluncur, begini cara pakainya (Foto: 9to5Google)

JAKARTA - Google meluncurkan fitur privasi terbarunya, memungkinkan orang untuk langsung membuat permintaan agar platform menghapus hasil penelusuran yang berisi informasi pribadi.

Diketahui, apa yang Anda masukkan ke internet akan tertinggal di sana selamanya. Jejak digital yang bertahun-tahun lamanmya mengenai informasi pribadi sangat sulit untuk dihapus.

Namun, kini Google telah menyedian fitur privasi terbarunya, informasi pribadi yang tidak ingin tersebar dapat dihapus untuk selamanya.

Dikutip dari BGR, Jumat (23/9/2022), pada bulan Mei lalu, Google mengatakan bahwa alat tersebut akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang di Google App.

Laporan 9to5Google menunjukkan, alat ini mulai diluncurkan pekan ini. Dan untuk Anda pengguna android, perangkat tersebut mungkin sudah tersedia di Google App.

Fitur yang disebut “Result about you” (Hasil tentang Anda) ini sudah tersedia bagi sejumlah pengguna Android, dan disebar secara bertahap.

Cara Hapus Data Pribadi dari Hasil Pencarian Google

Saat ini, alat tersebut hanya tersedia di perangkat Andorid. Fitur Result about you sendiri bisa ditemukan pada aplikasi Google versi Android dengan mengklik ikon profil pengguna yang tersedia di sudut kanan atas.

Dari situ, pengguna akan langsung menemukan menu "Result on you". Dengan memilih menu tersebut, pengguna akan diarahkan pada halaman yang menjelaskan bagaimana mereka bisa meminta Google menghapus data pribadi dari hasil penelusuran di Google Search.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pencarian di Google yang mungkin menyertakan informasi pribadi Anda. Saat Anda menemukan hasil yang ingin Anda hapus, ketuk menu tiga titik di sebelah kanan hasil.

Sebuah jendela berjudul "About this result" akan muncul. Di bagian bawah menu itu, Anda akan melihat tombol "Remove result". Ketuk tombol itu untuk memulai proses.

Berikut adalah alasan Anda dapat meminta Google untuk menghapus hasil penelusuran:

- Menunjukkan info kontak pribadi

- Menunjukkan kontak dengan maksud untuk menyakiti

- Menunjukkan info pribadi lainnya

- Berisi info ilegal

- Sudah ketinggalan zaman

Demikian pembahasan mengenai fitur hapus informasi pribadi di Google Search dan cara pakainya, lebih banyak pengguna di perangkat iOS dan Android akan segera mendapatkan akses ke alat tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini