Share

4 Fakta Menarik Pesawat Terbang, Salah Satunya Memiliki Klakson

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Sabtu 24 September 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 56 2674100 4-fakta-menarik-pesawat-terbang-salah-satunya-memiliki-klakson-y2ly2Wt9sR.jpg 4 fakta menarik pesawat terbang, salah satunya memiliki klakson (Foto: Freepik)

JAKARTA - Pesawat punya beberapa fakta menarik yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Moda transportasi ini, kerap menjadi pilihan jika ingin berpergian jauh.

Selain mempercepat jarak tempuh dari satu tempat ke tempat yang lain, pesawat terbang sering dipilih karena merupakan mode transportasi paling aman dibandingkan jenis transportasi lain.

Bagi yang sering atau ingin menggunakan alat transportasi ini, penting mengetahui terlebih dahulu sejumlah fakta unik tentang pesawat terbang.

Dilansir dari kanal Youtube iNews Variety Show, Sabtu (24/9/2022), berikut deretan fakta menarik tentang pesawat terbang yang tidak banyak diketahui orang.

1. Pesawat Memiliki Klakson

Sama seperti kendaraan lain, ternyata pesawat terbang juga memiliki klakson. Namun, klakson yang dimiliki pesawat tidak digunakan pilot untuk memberitahu pesawat lain saat di udara atau hanya menakuti burung.

Klakson pesawat terbang cuma terdengar saat pesawat tersebut sedang diam di darat, contohnya ketika teknisi sedang memeriksa suatu hal di ruang kokpit dan ia ingin menarik perhatian kru lain yang berada di luar pesawat.

2. Umumnya Pesawat Berwarna Putih

Mungkin pernah terlintas pertanyaan, kenapa pesawat kebanyakan berwarna putih? Jika diperhatikan hampir semua maskapai komersial memberikan dominasi warna putih pada armada yang mereka gunakan.

Ternyata warna putih pada pesawat itu memiliki maksud dan tujuan, salah satunya adalah warna putih pada pesawat dianggap bisa membuat badan pesawat tetap dingin, apalagi pesawat terbang menghabiskan sebagian besar waktunya di bawah sinar Matahari.

Warna putih juga digunakan untuk mempermudah pihak maskapai saat mendeteksi kerusakan pada permukaan pesawat jika terjadi retakan ataupun kebocoran minyak yang menyisakan jejak warna yang lebih gelap dari warna badan pesawat.

Selain itu, warna putih juga dianggap bisa menghindari pesawat dari serangan burung di udara

3. Suhu di Pesawat Sangat Dingin

Saat naik pesawat, kamu tentu merasakan bahwa suhu di dalam pesawat begitu terasa dingin, terutama saat pesawat sudah berada di atas ketinggian 914 meter.

Terdapat alasan mengapa suhu pesawat dibuat sangat dingin, tujuannya agar penumpang tidak kekurangan oksigen yang dapat menyebabkan hipoksia, yaitu gangguan saat jaringan tubuh kekurangan suplai oksigen.

Ternyata kabin dengan temperatur hangat dan tekanan udara yang tinggi bisa memperparah kondisi ini. Untuk itulah temperature di kabin pesawat dibuat lebih rendah atau lebih dingin dari suhu ruangan.

4. Pintu Tak Bisa Dibuka Saat Pesawat Sedang Terbang

Karena tekanan dalam kabin yang kuat, ternyata pintu pesawat tidak dapat dibuka semudah yang dibayangkan ketika pesawat sedang berada di darat.

Untuk membuka pintu pesawat yang sedang terbang, seseorang harus mampu melawan tekanan seberat 11.000 kg.

Jauh di dalam struktur pesawat pun juga terdapat kunci yang menjaga pintu agar tetap tertutup.

Itulah fakta menarik tentang pesawat terbang yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini