Share

Mengenal Kelompok Hacker Lapsus$, Pembobol Data GTA VI

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 54 2675372 mengenal-kelompok-hacker-lapsus-pembobol-data-gta-vi-NSGc2eTgbY.jpg Mengenal kelompok hacker Lapsus$, pembobol data GTA VI (Foto: The Hacker News)

JAKARTA - Kelompok hacker Lapsus$ menjadi sorotan dunia setelah berhasil membobol data Grand Theft Auto (GTA) VI. Berkat aksinya itu, rahasia besar dari game fenomenal tersebut bocor sehingga tidak ada lagi kejutan.

Lantas sebenarnya siapakah kelompok hacker Lapsus$ itu? Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, penjelasannya berikut ini.

Lapsus$ merupakan kelompok hacker yang kerap meminta uang tebusan, biasanya mereka mengancaman bakal membocorkan informasi curian jika tuntutan pemerasannya tidak dipenuhi.

Diketahui, kelompok Lapsus$ sebenarnya sudah eksis sejak tahun 2021 lalu. Kala itu, Lapsus$ melancarkan serangan ransomware terhadap Kementerian Kesehatan Brasil.

Kelompok ini, juga berhasil mendobrak sistem banyak perusahaan terkenal, seperti Nvidia, Samsung, Microsoft, dan Vodafone.

Meski dalam melakukan serangan sering menggunakan metode yang sama dengan geng ransomware, Lapsus$ juga kerap melancarkan serangan yang lebih berbahaya. Beberapa serangan Lapsus$ bahkan dapat meretas sistem korbannya.

Salah satunya yang pernah menjadi korban adalah Microsoft Security. Kelompok hacker yang satu ini terbukti memiliki elemen perusak pada serangan bagi korban yang tidak mau memberikan uang tebusan.

Korban lain dari kelompok Lapsus$ adalah perusahaan penyedia manajemen akses dan identitas, Okta. Dalam sebuah insiden, Okta telah kecolongan 2,5% data pelanggannya pada 22 Maret 2022 lalu.

Ulah terakhir kelompok hacker ini adalah mengungkap rahasia besar GTA VI yang mana menampilkan protagonis wanita untuk pertama kalinya. Selain itu juga memuat bagaimana gameplay dari game open world ini.

Video gameplay GTA VI yang bocor mencapai 90 buah atau berukuran 3GB. Dengan bocoran sebanyak itu, sudah lebih dari cukup bagi dunia mengetahui apa yang ada di dalam game nantinya.

Khusus kasus pembobolan data GTA VI ini, salah satu anggota Lapsus$ sudah tertangkap. Tersangka adalah seorang remaja berusia 17 tahun yang tinggal di Oxfordshire, Inggirs. Ia ditangkap oleh Unit Kejahatan Siber Nasional Inggris.

Sayangnya, belum banyak informasi yang didapat terkait detail penangkapan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini