Share

Daftar 5 Tanda Kiamat yang Sudah Muncul di Timur Tengah

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 56 2675402 daftar-5-tanda-kiamat-yang-sudah-muncul-di-timur-tengah-OCXuPxLbuk.jpg Daftar 5 tanda kiamat yang sudah muncul di Timur Tengah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Terdapat lima tanda-tanda kiamat yang sudah muncul di Timur Tengah. Kiamat sendiri, merupakan fenomena yang digambarkan sebagai hari akhir kehidupan makhluk hidup di Bumi.

Gambaran mengenai kiamat sebenarnya telah tertulis di dalam Alquran, begitu pula dengan tanda-tandanya. Banyak yang meyakini jika beberapa fenomena yang ada di Timur Tengah sebagai tanda-tanda kiamat.

Lantas, apa saja tanda-tanda kiamat yang sudah muncul di Timur Tengah? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut paparan selengkapnya.

1. Pohon kurma Baisan yang tidak lagi berbuah

Rasulullah SAW dalam sebuah hadis bersabda, "keluarnya Dajjal ditandai dengan keringnya Danau Tiberias, keringnya mata air Zughar, dan pohon kurma Baisan tidak lagi berbuah.”

Baisan merupakan sebuah wilayah yang ada di Palestina, tepatnya di Al-Ghaur. Sampai saat ini, pohon-pohon kurma di daerah tersebut masih berbuah. Namun, pada tahun 2015 terjadi penurunan jumlah karena terserang hama.

2. Danau Tiberias yang mengering

Danau Tiberias atau Sea of Galilea tersebut terletak di dekat dataran tinggi Golan atau sekitar 30 km dari timur kota Nazaret. Hadist Riwayat Imam Muslim dari Fatimah binti Qais mengisahkan seseorang yang bernama Tamim ad-Dari pernah mendatangi Nabi dan bercerita mengenai pertemuannya dengan Dajjal.

“Beritakan kepadaku tentang danau Tiberias!’ Kami pun berkata, ‘Tentang apanya yang ingin engkau ketahui?’ Dia berkata, “Apakah di sana ada airnya?’ Kami menjawab, ‘Danau itu banyak airnya, ‘Dia berkata, ‘Ketahuilah airnya tak lama lagi akan habis.” (Hadist Riwayat Imam Muslim).

3. Kawah Aden

Kawah Aden berlokasi di zona perdagangan bebas yang berada di wilayah ibu kota Yaman. Dalam bukunya, Dr Umar Sulaiman As-Asygar mengatakan jika sebelum haari kiamat, akan ada api yang keluar dari kawah Aden.

Demikian juga dengan apa yang tertulis dalam hadist berikut, “Sesungguhnya Kiamat tidak akan terjadi hingga ada sepuluh tanda (sebelumnya): khasf di timur, khasf di barat, khasf di Jazirah Arab, asap, Dajjal, binatang bumi, Ya’juj dan Ma’juj, terbitnya matahari dari barat, dan api yang keluar dari Dasar ‘Adn yang menggiring manusia.” Dalam riwayat lain dari Muslim: “api keluar dari Yaman yang menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul.” (Shahiih Muslim, kitab al-Fitan wa Asyraathus Saa’ah XVIII/27-28, Syarh an-Nawawi).

4. Pepohonan yang tumbuh di Arab Saudi

Sudah menjadi rahasia umum jika daratan Arab Saudi dikenal memiliki tanah yang gersang. Rupanya, kini daratan yang tadinya gersang telah ditumbuhi banyak pepohonan hijau. Dikabarkan ada sekitar 98 spesies pohon yang tumbuh di Arab Saudi, lebih dari 80 persennya tumbuh di bagian barat dan barat daya, termasuk Taif.

Fenomena tersebut rupanya menjadi salah satu tanda kiamat sebagaimana yang tertuang dalam HR Ahmad, Rasullah SAW bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi hingga wilayah arab kembali menjadi tanah yang subur banyak padang hijau dan sungai-sungai. Hingga orang yang melakukan safar antara Iraq dan Makkah, tidak ada yang ditakuti selain kegelapan di jalan. Dan tidak muncul Kiamat sampai terjadi banyak pembunuhan.”

5. Sungai Eufrat yang mengering

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi sampai Al-Furat mengering sehingga muncullah gunung emas. Manusia pun saling bunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang (yang memperebutkannya), terbunuhlah sembilan puluh sembilan orang. Setiap orang dari mereka mengatakan, 'Mudah-mudahan akulah orang yang selamat." (HR Muslim)

Sungai Eufrat yang berlokasi di Asia Barat Daya dan melewati wilayah Timur Tengah ini dikabarkan telah kehilangan 114 km kubik air tawar.

Demikian pembahasan mengenai lima tanda-tanda kiamat yang sudah muncul di Timur Tengah. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini