Share

Remaja Pembobol Situs NASA, Putra Aji, Terkait Bjorka: Pemerintah Harus Lebih Perhatikan Keamanan Siber

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 54 2675665 remaja-pembobol-situs-nasa-putra-aji-terkait-bjorka-pemerintah-harus-lebih-perhatikan-keamanan-siber-CMQrGQNpes.jpeg Remaja pembobol situs NASA, Putra Aji, terkait Bjorka: Pemerintah harus lebih perhatikan keamanan siber (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Gritte Agatha dikenal sebagai konten kreator yang aktif membuat konten seputar review penginapan, travelling, podcast, dan masih banyak lagi. Selalu menghadirkan konten seru terbaru, jumlah subscribers Gritte meningkat pesat. Sampai saat ini, gadis tersebut telah mencapai 4.8 juta subscribers.

Sebelum menjadi konten kreator, Gritte Agatha juga dikenal sebagai pemain sinetron, lho. Sejumlah sinetron, FTV, sitkom, film layar lebar hingga video klip telah diperankan oleh artis kelahiran 1996 tersebut.

Salah satu konten Gritte Agatha yang paling banyak dikenal yaitu #GritteBukaPraktek yang mana ia mengundang narasumber untuk membahas hal-hal bermanfaat. Ia pun menjadikan konten tersebut sebagai wadah dan teman bercerita bagi para narasumber.

Pada video #GritteBukaPraktek yang diunggah tanggal 21 September 2022, ia mengundang seorang pemuda bernama Putra Aji yang pada tahun 2019 pernah berhasil masuk ke salah satu sistem situs NASA yang saat itu sedang melakukan sayembara.

Seperti yang sudah kita tahu, saat ini sedang ramai kasus hacker bernama Bjorka yang dapat membocorkan data-data pribadi ataupun data pemerintahan Indonesia. Nama Bjorka semakin ramai diperbincangkan saat dirinya berhasil mengungkap data pribadi salah satu menteri dalam kabinet Indonesia Maju.

Sebagai seorang yang berkecimpung dalam dunia IT, Putra menyampaikan kepada Gritte bahwa kasus Bjorka ini bisa menjadi salah satu ‘tamparan’ bagi pemerintah Indonesia supaya lebih memperhatikan cyber security atau keamanan siber.

“Walaupun itu (membocorkan data) negatif, jadi pemerintah ke depannya seharusnya bisa lebih prevent dari cyber attacks gitu,” tutur Putra.

Putra juga menambahkan, bahwa meski banyak netizen yang menganggap Bjorka sebagai pahlawan, namun kita tidak tahu data-data yang ia bocorkan akan digunakan untuk kepentingan apa. Salah satu contohnya adalah untuk modus penipuan online yang akhir-akhir ini juga marak dialami oleh masyarakat Indonesia.

Penasaran ingin mengetahui obrolan Gritte dan Putra selanjutnya? Langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel GA!

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini