Share

Deretan 5 Hewan dengan Kemampuan Luar Biasa, di Antaranya Kucing

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 56 2676633 deretan-5-hewan-dengan-kemampuan-luar-biasa-di-antaranya-kucing-FrByDcT779.jpg Deretan 5 hewan dengan kemampuan luar biasa, di antaranya kucing (Foto: The Spruce)

JAKARTA - Banyak hal unik pada hewan yang menarik untuk diketahui, terkadang ada kemampuan mereka untuk bertahan hidup yang bisa bikin manusia kagum.

Dilansir dari kanal YouTube iNews Variety Show, Rabu (28/9/2022), ada beberapa jenis hewan yang memiliki kemampuan yang unik atau pertahanan diri yang mengesankan. Apa saja hewan-hewan itu? Simak di bawah ini.

1. Tardigrades, Hewan Kecil yang Tangguh

Walaupun terlihat kecil, tetapi tardigrades ini justru makhluk yang paling kuat di dunia. Tardigrades dapat hidup tanpa air selama 10 tahun, dan bisa bertahan hidup di mana saja bahkan di luar angkasa.

Hewan yang memiliki ukuran 1.5 milimeter ini bisa ditemukan di seluruh dunia, mulai dari puncak Himalaya hingga dasar samudera, dan dari kutub hingga bagian ekuador. Selain mampu bertahan hidup dengan baik, hewan ini juga dikenal sulit mati atau dihancurkan.

Tardigrades ditemukan di antara lumut di Antartika tahun 1983, dengan bentuk tubuh yang unik, seperti barel yang kecil dan gemuk dengan delapan kaki kecil kekar sehingga terlihat seperti hewan yang sedikit kaku dan menggemaskan.

2. Kucing, Terkenal Punya 9 Nyawa

Banyak dari kita mengenal bahwa kucing adalah hewan yang menantang maut. Kucing bisa terjun dari tempat tinggi tanpa terluka sama sekali. Hal itu dikarenakan kucing memiliki sistem keseimbangan serta koordinasi yang baik.

Hewan satu ini mempunyai gerak refleks yang cepat dan mampu memutar badan serta kakinya menghadap ke bawah agar dapat mendarat dengan tepat. Kucing mempunyai hal istimewa, yaitu kecepatan jatuh maksimum yang mencapai 60 mil/jam.

3. Kecoa, Hewan Purba yang Masih Eksis Hingga Saat ini

Salah satu hewan yang paling dibenci dan tidak disukai oleh manusia karena tubuhnya yang kecil menggelikan itu. Kecoa merupakan hewan purba yang mengalami evolusi berkali-kali hingga tangguh dan sulit dibasmi.

Serangga ini memiliki 1000 gen, di mana termasuk 154 gen untuk mencium bau dan 522 gen untuk merasakan makanan. Namun, kecoa tidak memiliki kemampuan perasa seperti manusia, mereka bisa merasakan tanpa perlu memakannya.

Kecoa terindentifikasi berusia 350 juta tahun dengan kata lain, sudah ada dari zaman periode karbon. Serangga kecil ini juga mampu bertahan hidup pada suhu ekstrim, bahkan suhu dingin.

4. Titanoboa, Ular Zaman Purba Terbesar

Titanoboa adalah reptil yang termasuk ke dalam daftar hewan terkuat di dunia. Ular ini hidup 60 juta tahun lalu, memiliki diameter 0.9 meter dan bisa tumbuh mencapai hingga 15 meter, serta berbobot sampai 1 ton lebih.

Salah satu ciri khas tengkorak dari ular raksasa Titanoboa ini adalah memiliki gigi yang rapat. Kerangka parsial ular raksasa bernama Titanoboa Cerrejonsis ini ditemukan oleh tim ilmuwan internasional di Kolombia. Saat ini, kerangka Titanoboa tersimpan rapi di Museum Sejarah Alam, di Florida.

5. Ubur-ubur, Bentuk Hewan seperti Agar-agar

Hewan bawah laut satu ini merupakan makhluk hidup dengan jumlah paling banyak di semua lautan dan menempati sebagian besar habitat lalut. Sebuah penelitan menunjukkan ada sekitar 38 juta ton ubur-ubur di kawasan epipelagik saja.

Rahasia mengapa spesies ubur-ubur terdapat di mana saja, itu dikarenakan tubuhnya yang berbentuk seperti agar-agar menjadi strategi mereka yang berhasil untuk bertahan hidup.

Tidak hanya itu, ubur-ubur menjadi hewan dengan kemampuan luar biasa karena tubuh bergelatin itu telah mengalami evolusi tiga kali secara independen dan telah ada selama kurang lebih 500 tahun.

Demikian deretan lima hewan yang tidak kita sadari memiliki kemampuan yang luar biasa dan menakjubkan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini