Share

Panduan untuk Memahami Bahasa Kucing yang Jarang Diketahui

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 56 2676677 panduan-untuk-memahami-bahasa-kucing-yang-jarang-diketahui-zXpvvZeTGR.jpg Panduan untuk memahami bahasa kucing yang jarang diketahui (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Jika Anda pecinta kucing dan menganggap bahwa mereka adalah teman hidup, pasti seringkali Anda akan berinteraksi dengannya, atau bahkan curhat tentang masalah hidup.

Namun, apakah kucing mengerti dan akan memberikan responsnya terhadap ucapan Anda? Mengingat kucing kerap dianggap sulit dimengerti karena tidak seekspresif anjing dalam menunjukkan perasaan.

Kendati demikian, faktanya kucing sama dengan hewan lain yang berkomunikasi setiap saat. Anda hanya perlu memahami bahasa mereka.

Lalu, bagaimana cara untuk bisa memahami bahasa kucing? Dilansir dari Love Matters, Rabu (28/9/2022), inilah bahasa kucing yang harus Anda pahami saat berinteraksi dengan mereka.

Kucing Mengharapkan Anda Beradaptasi

Ada banyak miskomunikasi yang terjadi dengan kucing, sebab kita sering berharap mereka berkomunikasi dengan kita dengan cara yang sama seperti yang dilakukan anjing.

Kucing mengharapkan Anda untuk beradaptasi dengan bahasa mereka. Alih-alih membuat kucing melakukan sesuatu yang layaknya anjing, kucing akan mengharapkan Anda untuk bertemu.

Kucing Spesies yang Vokal

Karena kucing dikenal memiliki banyak cara untuk mengekspresikan diri mereka secara verbal, oleh karenanya kucing adalah spesies yang vokal.

Sementara hewan lain mungkin hanya memiliki satu atau dua vokalisasi, kucing dikenal karena mengeong, mendengkur, menggeram, dan mendesis.

Meong adalah vokalisasi yang unik untuk interaksi manusia dan kucing . Kucing dewasa tidak saling mengeong. Tepatnya, meong adalah permintaan dari kucing yang memberi tahu Anda apa yang diinginkannya.

Terkadang, kucing yang mengeong berarti ia menginginkan makanan, sementara di lain waktu, bisa jadi kucing Anda menginginkan perhatian.

Adapun beberapa vokalisasi kucing yang harus Anda ketahui:

- Mendengkur: Suara-suara ini adalah cara kucing memberi tahu Anda bahwa mereka puas dan bahagia.

- Mendengkur: Lebih lembut daripada meong, instruksi kecil ini adalah cara kucing memberi tahu Anda jika mereka membutuhkan perhatian Anda sekarang. Terkadang juga digunakan sebagai cara untuk memberi tahu kalau mereka sedang bersemangat.

- Desis: Kucing yang mendesis mengirimkan tanda peringatan. Ini adalah cara kucing untuk memberi tahu Anda bahwa mereka merasa terancam. Jika Anda melanjutkan, Anda mungkin bisa diserang.

- Menggeram: Terkadang digunakan untuk mengekspresikan ketakutan, geraman dapat digunakan oleh kucing yang berada dalam situasi yang membuat mereka merasa tidak nyaman.

Bahasa Mata Penting

Begitu kucing benar-benar memercayai Anda, salah satu cara utama untuk menyadarinya adalah cara kucing itu memilih untuk melihat Anda.

Ketika kucing membiarkan diri mereka menunjukkan mata yang malas dan murung, dengan kelopak mata yang hampir tidak terbuka, mereka menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi pada Anda.

Anda dapat mengembalikan kepercayaan itu dengan memberi mereka kedipan yang sama malasnya.

Sebaliknya, ketika kucing tiba-tiba tertarik atau takut, pupilnya membesar. Menyipitkan mata dapat menunjukkan bahwa kucing itu ketakutan atau menunjukkan agresi.

Telinga Menunjukkan Banyak Hal

Telinga kucing Anda menunjukkan banyak hal tentang kepribadian mereka. Kucing yang sangat marah dapat meratakan dan menjepit telinganya ke belakang. Tampilan yang sama ini mungkin menunjukkan bahwa kucing itu ketakutan.

Untuk kucing yang bertekad untuk mencari tahu misteri, telinga mungkin sedikit ke depan. Ini menunjukkan bahwa kucing juga merasa siap untuk bermain.

Jika kucing Anda tiba-tiba mengalihkan perhatiannya, telinganya mungkin tiba-tiba berdiri tegak.

Menunjukkan Perut

Kucing yang memperlihatkan perutnya bisa berarti hal yang sama sekali berbeda dengan anjing. Ini adalah ekspresi kepercayaan, tentu saja.

Namun, kucing percaya Anda untuk menggosok kepala mereka bukan perut mereka . Inilah sebabnya mengapa kucing dapat mencakar Anda jika Anda mengulurkan tangan dan menggosok perutnya seperti yang Anda lakukan pada anjing.

Dengan bahasa kucing yang harus Anda pahami, faktanya kucing bisa menjadi hewan peliharaan yang luar biasa. Mereka adalah sahabat yang penuh perhatian dan penuh kasih.

Meski begitu, seringkali ketidakmampuan kita untuk memahami bahasa mereka membuat hubungan menjadi sulit.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini