Share

Rahasia Logo Linux Pakai Penguin, Begini Penjelasan Pembuatnya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 57 2676701 rahasia-logo-linux-pakai-penguin-begini-penjelasan-pembuatnya-azgP1Okbzz.JPG Rahasia logo Linux pakai penguin, begini penjelasan pembuatnya (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sistem Operasi (OS) Linux terkenal dengan logo pinguinnya. Rupanya, penggunaan pinguin sebagai maskot bukan tanpa alasan, ada beberapa makna di dalamnya.

Dilansir dari SlashGear, Rabu (28/9/2022), logo pinguin Linux sendiri dijuluki sebagai "Tux, Penguin Australia", nama kependekan dari "Torvalds UniX".

Linus Torvalds selaku pencipta Linux menyatakan, dia tidak tertarik dengan desain perusahaan yang kaku.

Menurutnya, banyak perusahan yang menggunakan logo yang kaku dan kurang bersemangat. Sebaliknya, dia lebih suka sesuatu yang menyenangkan dan simpatik yang dicontohkan oleh penguin berbadan gemuk yang tesenyum lebar.

"Beberapa orang mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak berpikir pinguin gemuk benar-benar mewujudkan keanggunan Linux, mereka belum pernah melihat bahwa pinguin bisa marah dan berenang lebih dari 160kmh," tulis Torvalds.

Menurut National Geographic, burung air yang tidak bisa terbang itu memang memiliki kemampuan yang tajam untuk berenang jarak jauh dan menutupi dirinya dari pemangsa berbahaya saat bergerak.

Selain itu, penguin juga menjadi pasangan hidup yang setia dan bahkan menjadi orang tua yang sangat perhatian kepada anak-anak mereka.

Torvalds mengatakan, sifat pinguin bisa merepresentasikan keganasan dari keberadaan Linux.

Torvalds ingin Linux diingat tidak hanya sebagai OS yang lengkap yang dapat dikembangkan oleh pengguna komputer mana pun untuk sekedar diisukai tetapi juga dapat dinikmati.

"Jangan menganggap penguin terlalu serius. Seharusnya agak konyol dan menyenangkan, itulah intinya," jelas Torvalds.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini