Share

Apple Blokir Medsos Terbesar Rusia dari App Store

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 57 2676895 apple-blokir-medsos-terbesar-rusia-dari-app-store-hiheEw9TND.jpg Apple blokir medsos terbesar Rusia dari App Store (Foto: Gagadget)

JAKARTA - Apple dilaporkan telah memblokir salah satu media sosial (medsos) terbesar di Rusia, yakni VKontakte (VK) dari platform distribusi App Store.

The Verge melaporkan, VK menyatakan akan tetap mengembangkan pembaruan-pembaruan untuk layanannya di iOS untuk para pengguna mereka yang telah mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di perangkat-perangkat Apple.

Menurut kantor berita Rusia, RT, Kementerian Perdagangan Digital Rusia menyatakan bahwa investigasi alasan penghapusan aplikasi VK serta akun para pengembangnya di Apple tengah dilakukan.

Dikutip dari Antara, Kamis (29/9/2022), VKontakte sendiri sebenarnya sudah beroperasi lebih dari satu dekade dan didirikan oleh Pavel Durov yang kini mengembangkan Telegram.

Keterlibatan Pavel di VKontakte terhenti, karena dirinya menolak untuk bekerja sama dengan pihak berwenang dalam hal mengembangkan jejaring sosial tersebut.

Sejak terjadinya konflik antara Rusia dan Ukraina, Rusia memblokir beberapa layanan digital dari Amerika Serikat termasuk Instagram, Facebook, serta Twitter.

Sementara itu, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya juga mengambil langkah memberikan sanksi kepada banyak individu serta bisnis yang terafiliasi dengan Pemerintah Rusia tidak terkecuali CEO Grup VK.

Aplikasi lainnya yang berasal dari grup pengembang VK pun diketahui ikut dihapus, yaitu VK Music, Mail.ru, serta Youla dari App Store.

Dalam laporan media Rusia lainnya, yakni Interfax, VK menyatakan bahwa layanannya masih tetap berfungsi, tetapi mungkin akan ada kendala terkait pemberitahuan serta pembayaran.

Pihak Apple pun masih bungkam terkait dihapusnya layanan VK serta aplikasi lainnya dari pengembang yang sama.

Hubungan Apple dan VK sebenarnya sebelum invasi Rusia ke Ukraina terjadi terbilang cukup baik, apalagi ketika adanya regulasi di Rusia yang mengharuskan perusahaan teknologi memasang aplikasi buatan Rusia di perangkat yang dijual di Negara Beruang Merah itu.

Diketahui, VK menjadi aplikasi pilihan Apple untuk dipasang secara otomatis di perangkat-perangkatnya sejak tahun lalu.

Namun, setelah konflik Rusia dan Ukraina berlangsung, Apple ikut melangkah bersama perusahaan teknologi lainnya, memberikan sanksi kepada Rusia dengan cara menghentikan penjualan produk serta memblokir layanan aplikasi berita-berita Rusia sehingga tidak bisa diakses di negara lainnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini