Share

Mengenal 9 Fakta QR Code yang Memiliki Banyak Kegunaan

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 57 2676911 mengenal-9-fakta-qr-code-yang-memiliki-banyak-kegunaan-sTaC67A3Ia.jpg Mengenal 9 fakta QR Code yang memiliki banyak kegunaan (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Sembilan fakta QR Code memang menarik untuk dikupas. Kode QR (Quick Response) adalah kode grafik berupa persegi panjang yang terdiri dari beberapa kotak kecil dan kumpulan titik-titik kecil (piksel).

Kode ini berbeda dengan barcode yang berupa angka dan garis vertikal. QR Code sendiri memiliki beragam kegunaan mulai dari membuka URL website, rekening pembayaran e-money, menyimpan informasi suatu produk, menyimpan alamat dari aplikasi maps, dan sebagainya.

Kode ini juga memiliki beragam fakta menarik. Lantas, apa saja fakta QR Code yang menarik? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan berikut ini.

1. Telah ada sejak dua dekade yang lalu

QR code pertama kali diperkenalkan pada 1994 oleh perusahaan Jepang, Denso Wave Inc. Mulanya kode ini diciptakan untuk melacak komponen kendaraan.

2. Barcode dua dimensi

Lantaran bentuknya dua dimensi, QR code disebut juga dengan 'barcode dua dimensi'. Kapasitas data yang tersimpan pada QR code sendiri lebih banyak daripada barcode, yaitu sebesar 2,953 kB

3. Scanning dari berbagai arah

QR code dalam pembacaan kodenya dapat ter-scan dari arah atas ke bawah dan dari arah kanan ke kiri. Sementara, barcode pembacaannya hanya ter-scan dari arah atas ke bawah.

4. Warna yang tak monoton

Warna QR code berbeda dengan barcode, sebab tidak harus hitam dan putih. Jika ada perbedaan antara area terang dan gelap, serta mudah terdeteksi, maka QR code tetap bisa dibuat.

5. Dapat dibuat sendiri

Kini telah banyak website dan aplikasi yang menyediakan jasa pembuatan QR code, salah satunya QR Code Generator.

6. Tetap terbaca dengan kondisi bagaimanapun

Tak seperti barcode, jika QR code yang tercetak dalam keadaan sedikit kabur, tercoret, dan robek masih bisa terbaca selama ketidak utuhannya kurang dari 30 persen.

7. Ada ketentuan ukuran

Saat membuat QR code, pastikan ukuran sisinya tidak boleh kurang dari 1 cm x 1 cm agar dapat dibaca oleh QR code reader.

8. Jangan sembarang scan QR Code

Lantaran kemudahan membuat QR Code, kode ini bisa dimanfaatkan oleh siapapun untuk berlaku jahat. Sebisa mungkin jangan sembarangan men-scan QR code. Sebab, hacker dapat mencuri data pribadi pada link dari QR code yang telah di-scan sembarangan

9. Ada QR Code terbesar di dunia

Terdapat QR code terbesar di dunia seluas 159.918 meter persegi yang terletak di Farmland, Indiana, Amerika Serikat. QR code ini dibuat oleh perusahaan bir Yuengling.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini