Share

Apa Alasan Indonesia Tak Punya Senjata Nuklir? Simak Jawabannya

Cita Zenitha, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 56 2677425 apa-alasan-indonesia-tak-punya-senjata-nuklir-simak-jawabannya-eZo6c1J6vD.JPG Apa alasan Indonesia tak punya senjata nuklir? Simak jawabannya (Foto: Fotolia/Romolo Tavani)

JAKARTA - Tentunya ada alasan kenapa Indonesia tidak punya senjata nuklir. Hal ini, kerap dipertanyakan mengingat sejumlah negara di dunia berlomba-lomba menyempurnakannya.

Nuklir adalah salah satu senjata militer paling mematikan yang dikembangkan oleh banyak negara maju di seluruh dunia. Senjata ini digunakan sebagai alat pertahanan negara selama perang dunia.

Sejarah dunia mencatat bahwa Amerika menggunakan tenaga nuklir dua kali selama Perang Dunia II. Saat itu, Amerika membom kota-kota Jepang, yaitu Hiroshima dan Nagasaki.

Sebenarnya, Indonesia bukan tidak mampu untuk mengembangkan nuklir sebagai senjata mematikan. Ada beberapa hal yang membuat Indonesia tidak melakukan hal tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah alasan mengapa Indonesia tidak punya senjata nuklir.

Diketahui, Indonesia menjadi bagian dari negara yang masuk ke dalam ZOPFAN (Zone of Peace, Freedom and Neutrality). Organisasi dibentuk bertujuan untuk menciptakan negara di kawasan ASEAN yang aman, damai, dan bebas dari senjata nuklir.

Indonesia menjadi bagian dari ZOPFAN pada 27 November 1971 bersama dengan negara-negara ASEAN lainnya seperti Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina.

Namun, pengembangan zona bebas senjata nuklir pertama kali disahkan oleh anggota ASEAN pada 15 Desember 1995 di Bangkok.

Adapun obligasi traktat yang dibuat dan ditandatangani di Bangkok berisi sebagai berikut:

1. Untuk tidak mengembangkan, memproduksi, membeli, mempunyai, atau menguasai senjata nuklir, pangkalan nuklir, ataupun melakukan uji coba atau menggunakan senjata nuklir di manapun juga baik di dalam maupun di luar kawasan Asia Tenggara.

2. Tidak meminta ataupun menerima bantuan berkenaan dengan nuklir.

3. Tidak melakukan segala kegiatan pemberian bantuan ataupun menyokong pembuatan atau pengambilalihan peralatan nuklir apa pun juga oleh negara mana pun juga.

4. Tidak menyediakan sumber daya atau material khusus ataupun perlengkapan kepada negara persenjataan non-nuklir di mana pun juga (non-nuclear weapon state), ataupun negara persenjataan nuklir terkecuali negara tersebut telah memenuhi perjanjian keselamatan dari The International Atomic Energy Agency.

5. Untuk mencegah operasi atau penggelaran senjata nuklir di wilayah-wilayah anggotanya dan mencegah pula dilakukannya uji coba nuklir.

6. Mencegah wilayah laut kawasan Asia Tenggara dari pembuangan sampah radioaktif dan/atau bahan-bahan radioaktif oleh siapa pun juga.

Demikian alasan mengapa Indonesia tidak punya senjata nuklir. Sejatinya Indonesia bukan tidak mampu mengembangkan senjata nuklir hanya saja Indonesia memilih menjadi negara yang aman dan damai.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini