Share

Sains Buktikan Kengerian Awan Cumulonimbus dan Tercantum di Alquran

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 56 2677606 sains-buktikan-kengerian-awan-cumulonimbus-dan-tercantum-di-alquran-XXbAncMLvs.jpg Sains buktikan kengerian awan cumulonimbus dan tercantum di Alquran (Foto: Alchetron)

JAKARTA - Sains telah membuktikan kengerian awan Cumulonimbus terhadap cuaca. Wujudnya sendiri, terdiri dari tetes-tetes air pada bagian bawah dan tetes-tetes salju (kristal-kristal es) pada bagian atas.

Dirangkum dari buku ‘Miracles of Al-Qur'an & As-Sunnah’, karakteristik awan ini mirip seperti yang digambarkan dalam salah satu ayat Alquran.

اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يُزْجِيْ سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهٗ ثُمَّ يَجْعَلُهٗ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلٰلِهٖۚ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاۤءِ مِنْ جِبَالٍ فِيْهَا مِنْۢ بَرَدٍ فَيُصِيْبُ بِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَصْرِفُهٗ عَنْ مَّنْ يَّشَاۤءُۗ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهٖ يَذْهَبُ بِالْاَبْصَارِ ۗ

"Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan," (Surah An-Nur: 43).

Awan Cumulonimbus merupakan awan tebal vertikal yang menjulang tinggi, padat, dan mirip gunung atau menara.

Bagian pucuk awan ini berserabut, tampak berjalur-jalur dan hampir rata, melebar mirip bentuk landasan yang disebut anvil head (anvil top).

Awan ini, terlibat langsung dalam badai petir dan cuaca ekstrem lainnya.

Ia terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer. Awan-awan ini, dapat terbentuk sendiri, secara berkelompok atau di sepanjang front dingin di garis squall.

Awan Cumulonimbus bisa menghasilkan petir melalui jantung awan dan badai petir yang ditakuti para penerbang.

Terdapat updraft dan downdraft, sehingga memungkinkan terjadi sirkulasi.

Gesekan partikel awan di dalamnya dapat menimbulkan muatan listrik.

Wajar apabila awan Cumulonimbus ditakuti penerbang, karena awan ini paling sering membuat bencana.

Awan ini satu-satunya yang bisa menghasilkan muatan listrik tornado alias puting beliung.

Fenomena alam yang kerap terjadi akibat Cumulonimbus antara lain timbulnya kilat dan guntur, hujan lebat, angin kencang, bahkan bisa menimbulkan hujan es.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini