Share

10 Biang Kerok Baterai Smartphone Cepat Habis Tanpa Disadari dan Cara Mengatasinya

Cita Zenitha, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 57 2677634 10-biang-kerok-baterai-smartphone-cepat-habis-tanpa-disadari-dan-cara-mengatasinya-e1fXopUMJs.jpeg 10 biang kerok baterai smartphone cepat habis tanpa disadari dan cara mengatasinya (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Inilah 10 biang kerok baterai smartphone cepat habis tanpa disadari. Baterai yang cepat sekali habis, padahal baru saja diisi penuh tentu sangat menyebalkan.

Ingin bepergian tapi baterai habis dijalan? Tentu saja itu adalah kejadian paling tidak mengenakan. Kita jadi tidak bisa mengabadikan moment melalui kamera ponsel.

Ya, mungkin bisa saja kita membawa power bank untuk mengisi daya. Tetapi bagaimana jika setelahnya baterai ponsel kembali habis?

Sejatinya baterai ponsel cepat habis karena kegiatan menggunakan ponsel yang tidak kita sadari. Lalu seperti apa faktor yang mengakibatkan baterai ponsel habis dengan cepat?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 biang kerok baterai smartphone cepat habis tanpa disadari cara mengatasinya.

1. Aplikasi Berjalan dibelakang Layar

Tanpa disadari aplikasi yang berjalan dibelakang layar dapat menguras baterai. Untuk menghemat penggunaan baterai bersihkan widget aplikasi yang sudah digunakan.

2. Kecerahan Layar yang Berlebihan

Ketika berada diluar ruangan ponsel cenderung berada di tingkat kecerahan optimal. Untuk mengatasinya atur kecerahan dalam tingkat lebih rendah dan cari tempat tentuh supaya tidak memerlukan kecerahan berlebih.

3. Aplikasi Menguras Daya

Ada beberapa aplikasi yang dapat menguras daya seperti aplikasi game, aplikasi edit foto dan video.

4. Tidak Update Sistem Operasi Ponsel

Sistem operasi ponsel yang tidak mendapatkan update secara berkala akan memperlambat kerja ponsel. Lambatnya kerja ponsel membuat baterai cepat habis.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Menggunakan WiFi

Menggunakan Wifi secara terus menerus juga menghabiskan baterai. Untuk itu nyalakan WiFi dalam keadaan tertentu saja.

6. Update Aplikasi

Pengaturan ponsel untuk update aplikasi secara otomatis menguras baterai. Ubahlah pengaturan menjadi update aplikasi secara manual.

7. Notifikasi Ponsel Menyala

Ternyata notifikasi yang disertai getar dan lampu LED yang ada ponsel kita juga menyebabkan baterai ponsel cepat habis. Pengguna bisa membuka pengaturan untuk mematikan getar dan lampu LED.

8. Koneksi Buruk dan Sinyal Lemah

Koneksi buruk dan sinyal lemah membuat ponsel harus bekerja lebih keras supaya dapat beroperasi. Itulah mengapa ketika berada di daerah minim sinyal baterai ponsel menjadi lebih cepat habis.

9. Terlalu Banyak Menggunakan Widget Pada Layar Ponsel

Memang penggunaan widget pad aponsel terlihat menarik. Namun sayang widget membuat baterai ponsel terkuras habis.

10. Baterai Ponsel Rusak

Jika sudah melakukan beberapa cara untuk mengatasi baterai boros tapi tak kunjung ada hasilnya dipastikan baterai mengalami kerusakan. Baterai rusak atau baterai bocor menyebabkan ponsel sering kehabisan daya.

Itulah 10 biang kerok baterai smartphone cepat habis tanpa disadari, semoga bisa membantu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini