Share

Terungkap Alasan Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat Dibanding Ketika Pergi

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 56 2678302 terungkap-alasan-perjalanan-pulang-terasa-lebih-cepat-dibanding-ketika-pergi-kcHaoHR1Xy.jpg Terungkap alasan perjalanan pulang terasa lebih cepat dibanding ketika pergi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Perjalanan pulang kerap terasa lebih cepat dibandingkan ketik pergi, padahal jarak yang ditempuh sama saja. Lalu, kenapa hal itu bisa terjadi?

Ternyata, cukup wajar jika kamu merasakannya, karena peneliti sudah lama mengamati fenomena ini dan mereka menyebutnya sebagai Return Trip Effect.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Jumat (30/9/2022), perjalanan pulang faktanya tidak benar-benar lebih cepat dari perjalanan pergi. Itu semua hanya ada di dalam otak.

Dijelaskan bahwa saat dalam perjalanan otak kita cenderung lebih fokus untuk mencerna rute dan obyek yang ditemui sepanjang jalan. Ketika otak kita sedang fokus, persepsi otak terhadap waktu juga akan terasa lebih lama.

Sedangkan, saat pulang jika melewati jalan yang sama, otak sudah lebih familiar dan tidak perlu lagi bekerja keras untuk fokus. Hasilnya, persepsi otak terhadap waktu juga akan terasa lebih cepat.

Sebuah penelitian di Selandia Baru, menemukan bahwa fenomena ini lebih sering terjadi saat seseorang bepergian ke tempat baru yang belum dikenal.

Hal ini, karena otak mencoba untuk lebih fokus. Berbeda jika seseorang bepergian ke tempat yang sudah dikenal atau dilalui tiap hari, fenomena ini akan lebih jarang terjadi.

Ada pula pendapat lain yang mengatakan, fenomena ini terjadi karena saat pergi seseorang memiliki ekspektasi waktu untuk tiba.

Namun, nyatanya ketika pergi seringkali seseorang menemui banyak hal yang membuat khawatir sehingga terus memeriksa target waktu dan membuat efek psikologis bahwa perjalanan akan terasa lebih panjang dan lama.

Namun, saat di jalan pulang perjalanan akan terasa lebih pendek dan cepat karena otak sudah tidak terbebani lagi dengan ekspektasi waktu untuk tiba di tempat tujuan.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini