Share

Daftar 7 Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik di Android

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 57 2678004 daftar-7-aplikasi-pemblokir-iklan-terbaik-di-android-ez6mPMWraM.jpg Daftar 7 aplikasi pemblokir iklan terbaik di Android (Foto: Gizchina)

JAKARTA - Hampir semua orang tidak menyukai iklan, pop-up, dan sejenisnya yang mengganggu saat sedang berselancar di internet. Tetapi, pada kenyataannya iklan semakin merajalela belakangan ini.

Namun, jangan khawatir karena saat ini sudah banyak juga aplikasi pemblokir iklan yang bisa didownload. Berikut ini adalah daftar aplikasi prmblokir iklan terbaik di Android, melansir dari DigitalTrends, Jumat (30/9/2022).

1. AdAway

AdAway memblokir iklan menggunakan file host, seperti file teks yang memetakan nama host ke alamat IP. Pengguna dapat membuat daftar putih atau daftar hitam domain atau menambahkan file host baru.

AdAway membutuhkan akses root karena file host terletak di partisi sistem. Untuk perangkat perangkat yang tidak di-rooting, aplikasi menggunakan VPN untuk memblokir koneksi keluar ke iklan dan pelacak.

2. AdLock

AdLock memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi dan menjelajahi situs web tanpa menemui iklan yang mengganggu. Ketika diaktifkan, AdLock juga akan menceha phishing dengan menghalangi permintaan akses yang mencurigakan.

Tidak berhenti di situ, AdLock dapat membantu melindungi smartphone dari bug dan spyware. Pengguna juga bisa membatasi akses internet ke aplikasi tertentu atau tetap terhubung hanya saat layar menyala.

3. Adblock Browser

Tidak seperti kebanyakan pemblokir iklan, Adblock Browser tersedia dari Google Play Store sebagai ekstensi peramban sumber terbuka gratis yang mengoptimalkan pengalaman menjelajah pengguna.

Aplikasi ini berfungsi pada perangkat yang di-rooting dan tidak di-root untuk memblokir iklan dan menonaktifkan pelacakan. Hebatnya, AdBlock Browser juga mampu mengenali mana iklan yang mengganggu dan mana yang tidak.

Dengan begitu, iklan-iklan dengan label "masih dapat diterima" tetap bisa dilihat oleh pengguna. Pengguna masih bisa mendapatkan informasi terkait produk yang sesuai dengan preferensi mereka.

4. AdGuard

Ekstensi browser AdGuard memungkinkannya mampu memblokir iklan di seluruh arsitektur seluler, termasuk iklan video, iklan di dalam aplikasi, browser, game, atau situs web. Puluhan filter iklan tersedia dan diperbarui secara berkala.

Serangkaian setelan dan filter, dikombinasikan dengan alat manajemen aplikasi, membantu pengguna menyesuaikan preferensi iklan. Dengan memuat lebih sedikit iklan, pengguna juga akan mendapatkan penghematan bandwidth yang signifikan.

5. AppBrain Ad Detector

AppBrain Ad Detector memberi pengguna informasi tentang semua kemungkinan spyware dan iklan untuk aplikasi yang diinstal di smartphone, termasuk pemberitahuan push, iklan spam, dan aplikasi yang dikompromikan dengan privasi.

Aplikasi ini menunjukkan jaringan iklan yang disematkan seperti Admob, Millennial Media, ChartBoost, TapJoy, dan lainnya dan mengidentifikasi mana yang benar-benar mendorong iklan.

6. FAB Adblocker Browser

FAB Adblocker Browser menawarkan web bebas iklan, penjelajahan pribadi, dan memperingatkan pengguna tentang kemungkinan malware dan adware. Menariknya, aplikasi ini bisa ditrmukan di toko aplikasi resmi, Google Play Store.

Browser ini dapat memblokir iklan video, iklan banner, dan pop-up. Selain itu juga akan menghapus iklan dan pelacak dari streaming video, mencegah pengalihan ke situs yang didominasi iklan, dan membersihkan iklan spanduk untuk meningkatkan pengalaman menjelajah pengguna.

7. Block This

Block This adalah aplikasi open-source dan gratis untuk digunakan yang menggunakan pemblokiran DNS untuk memastikannya menggunakan lebih sedikit daya baterai daripada aplikasi dan browser sejenis lainnya.

Nilai utama aplikasi ini adalah bisa memblokir semua iklan aplikasi dan browser, pop-up, banner, dan cookie pelacak. Block This juga menyediakan perlindungan malware dan antivirus untuk memfasilitasi peningkatan kecepatan penelusuran.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini