Share

Spesies Ular Terkecil di Dunia Ini Kerap Dianggap Sebagai Cacing Tanah

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Minggu 02 Oktober 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 56 2678913 spesies-ular-terkecil-di-dunia-ini-kerap-dianggap-sebagai-cacing-tanah-sIwNHjyvVw.jpg Spesies ular terkecil di dunia ini kerap dianggap sebagai cacing tanah (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Ular merupakan hewan melata yang memiliki ukuran cukup besar. Namun, rupanya ada yang ukurannya sangat kecil, sekitar 10 cm, sehingga kerap dianggap sebagai cacing tanah.

Ular terkecil di dunia itu, bernama Barbados Threadsnake, di mana memiliki ukuran diameter yang mungkin sama dengan sehelai spaghetti.

Apabila kamu melihat ular Barbados untuk pertama kalinya, kamu pasti akan melihatnya seperti cacing tanah. Sebab, diameter ular ini dan cacing tanah cukup sebanding.

Spesimen ular Barbados yang pernah ditemukan memiliki ukuran hanya sekitar 10,4 cm dan juga buta. Ular tersebut, biasanya memiliki berat badan di bawah satu gram.

Spesies ini, biasanya ditemukan merayap di bawah batu yang terletak di hutan Barbados pada tahun 2008. Ular ini, pernah ditemukan oleh ahli biologi evolusi S. Blair Hedges.

Namun, setelah ular ditemukan, belum ada informasi tentang perilakunya, seperti interaksi dengan lingkungan sekitar, dan makhluk hidup di sekitarnya.

Sebagai informasi, ular Barbados merupakan salah satu dari banyak spesies hewan endemik pulau Karibia. Penemuannya, seakan menegaskan pulau tersebut kerap menjadi rumah bagi makhluk berukuran besar dan mini.

Kendati demikian, ular berukuran sangat kecil itu dikabarkan sulit untuk dipelajari. Akibatnya, hanya sedikit informasi yang diketahui tentang ular itu.

Selain itu, diperkirakan ular mini tersebut memakan rayap dan lavra semut, serta bergantung pada habitat hutan setempat untuk bertahan hidup.

Sayangnya, ular ini diprediksi bakal punah dalam waktu dekat. Dilaporkan bahwa hanya sekitar 10% ular Barbados yang masih hidup.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini