Share

Meta Berencana Hadirkan Perangkat VR/AR Murah, Begini Bocorannya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 01 Oktober 2022 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 57 2678718 meta-berencana-hadirkan-perangkat-vr-ar-murah-begini-bocorannya-iC9Rc3vTCE.jpg Meta berencana hadirkan perangkat VR/AR murah, begini bocorannya (Foto: PCGamesN)

JAKARTA - Meta dilaporkan tengah berencana untuk merilis headset yang lebih terjangkau, berfokus pada konsumen untuk virtual dan augmented reality (VR/AR) pada tahun depan.

Ini untuk mengisi kekosongan di segmen entry level sekaligus merebut konsumen Sony dan Apple yang selama ini menawarkan perangkat AR/VR dengan banderol harga yang relatif mahal.

YouTuber Brad Lynch mengklaim telah membocorkan file spesifikasi untuk perangkat AR/VR Meta Quest 3. File tersebut menunjukkan perangkat yang disebut "Project Stinson" hadir dengan sesifikasi lebih sederhana dan harga lebih murah.

Detail penting adalah bahwa headset yang ditampilkan dalam file Project Stenson tidak menyertakan pelacakan mata atau wajah. Namun tetap berjalan pada SoC Snapdragon dan memiliki lensa pancake.

Untuk diketahui, SoC Snapdragon sendiri sudah dikonfirmasi oleh Mark Zuckerberg akan digunakan di perangkat level atas Meta Quest Pro. Dengan begitu kemampuan perangkat AR/VR versi murah ini juga tidak bisa diragukan.

Dengan tidak disertakannya pelacakan mata atau wajah, Meta Quest 3 juga memiliki bodi yang lebih ramping dibanding beberapa headset yang tersedia di pasaran. Ini juga yang membuat harga jauh lebih murah.

Brad Lynch juga menyatakan bahwa Meta Quest 3 ini membawa banyak peningkatan dibanding pendahulunya. Dikatakan pula perangkat memiliki dua kamera pelacak untuk enam derajat kebebasan.

Selain itu, juga dibekali dengan susunan dua kamera hitam-putih dan dua RGB, sensor kedalaman, 2 LCD, penyesuaian IPD mekanis, konektor pin pogo untuk dok pengisi daya, hingga tali mirip dengan Quest 2.

Sayangnya belum jelas berapa harga Meta Quest 3 ini. Tidak diketahui juga kapan perangkat akan milai diluncurkan. Yang jelas ini semua masih sebatas bocoran belaka.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini